Logo Bloomberg Technoz

Yellen tidak termasuk di antara mereka yang khawatir. Hal ini karena ia menggunakan ukuran utang yang berbeda.

Mantan gubernur The Fed, yang dianggap oleh banyak orang sebagai pembuat kebijakan ekonomi paling berpengalaman di negara itu, menunjukkan sedikit perhatian saat disinggung soal pengeluaran pemerintah.

“Itu bukan sesuatu yang membuat kita merasa berada dalam situasi bencana,” katanya kepada Bloomberg News dalam wawancara 13 Mei. 

Bagaimana Yellen menghitungnya?

Salah satu alasan Yellen optimistis adalah bahwa ia termasuk di antara sejumlah ekonom terkemuka yang menggunakan metode alternatif untuk mengukur keberlanjutan utang negara. Alih-alih melihat berapa banyak obligasi yang beredar terhadap PDB, dia lebih memilih rasio pembayaran bunga setelah penyesuaian inflasi terhadap PDB.

Dengan kata lain, jumlah uang yang dibelanjakan pemerintah untuk pembayaran bunga pada tahun tertentu, dibagi dengan ukuran ekonomi, lalu dikurangi inflasi. Semakin rendah hasilnya, semakin baik.

Logikanya mirip dengan menilai keterjangkauan kredit rumah. Yang paling penting bukanlah jumlah pinjaman, melainkan berapa banyak si pemilik rumah harus membayar setiap bulannya dibandingkan dengan pendapatan mereka selama periode yang sama.

Dengan menggunakan ukuran Yellen, beban utang publik yang lebih besar tidak menimbulkan banyak beban bunga, setidaknya sejauh ini.

Tolok ukur Yellen untuk utang AS (Sumber: Bloomberg)

Tagihan bunga pemerintah telah turun dalam beberapa dekade terakhir akibat biaya pinjaman yang lebih rendah selama periode tersebut. Bunga bersih sebagai persentase terhadap PDB, tanpa disesuaikan dengan inflasi, memiliki rata-rata sekitar 1,5%, meskipun naik menjadi 1,9% pada tahun 2022 setelah lonjakan utang akibat pandemi.

Faktor inflasi, dan bunga terhadap PDB sering negatif, bahkan sebelum ledakan kenaikan harga pasca-Covid. Ke depan, Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih memperkirakan tindakan Yellen akan naik kembali di atas nol pada tahun 2024, karena inflasi surut, dan kemudian mencapai 1,1% pada tahun 2032-2033. Itu adalah level yang menurut Menteri Keuangan "cukup masuk akal".

Lingkaran setan

Jason Furman, seorang profesor di Universitas Harvard dan mantan penasihat ekonomi Presiden Barack Obama, setuju dengan hal itu. Dalam makalah tahun 2020, dia dan mantan Menteri Keuangan Lawrence Summers berpendapat bahwa pembuat kebijakan harus bertujuan untuk menjaga agar bunga bersih riil tidak naik di atas 2% dari PDB.

Menurut Furman, metrik yang dipakai Yellen tepat untuk digunakan, karena penting untuk mempertimbangkan efek berlawanan dari biaya bunga dan inflasi terhadap beban utang.

Ketika bunga dan inflasi sama-sama naik, Furman mengatakan bahwa “di satu sisi, utang tahun depan bahkan lebih besar dari utang tahun ini, karena bunganya naik. Tapi dalam arti lain, utang tahun depan lebih kecil, karena sebagian digelembungkan sehingga Anda tidak perlu membayar sebanyak itu.”

Rekan penulisnya, Summers, yang merupakan kontributor untuk Bloomberg Television, memperingatkan awal tahun ini bahwa beban utang yang meningkat dapat mendorong suku bunga lebih tinggi, yang menambah tekanan pada defisit anggaran dan dapat berubah menjadi "lingkaran setan".

Wendy Edelberg, mantan kepala ekonom di Kantor Anggaran Kongres AS, mengatakan penganggaran yang lebih baik dibutuhkan dalam jangka panjang, karena pemerintah tidak dapat terus-terusan mengambil tindakan dari waktu ke waktu yang mengurangi jumlah tabungan dalam perekonomian dan terus-menerus melempar lebih banyak investasi swasta yang seharusnya masuk.

Ia menganjurkan untuk mengawasi berbagai langkah utang untuk mencari tahu titik bahayanya. “Sebagian dari ini hanyalah manajemen risiko,” katanya.

(bbn)

No more pages