Logo Bloomberg Technoz

Berkaca dari BSI, Kenapa Ganti Password & PIN Berkala itu Penting

Whery Enggo Prayogi
19 May 2023 14:20

Ilustrasi Hacker (Dok. Unsplash)
Ilustrasi Hacker (Dok. Unsplash)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Berkaca pada kasus dugaan pembobolan data nasabah PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau Bank BSI oleh grup ransomware LockBit, mengingatkan kita untuk selalu mengganti kata kunci atau password dan PIN secara berkala.

Dalam pesan broadcast melalui Whatsapp kepada para penggunanya, Kamis (18/5/2023) kemarin, Bank BSI juga menginformasikan hal yang sama. Tujuannya guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan transaksi.

CEO perusahaan digital MTARGET Yopie Suryadi mengatakan password adalah penangkal pihak asing yang bermaksud mengakses data atau informasi terpenting Anda. Dan, di tengah semakin canggihnya hacker dalam membobol informasi, penting untuk melakukan pergantian berkala pada kata kunci.

Menurut Yopie jika password pada sebuah akun website, aplikasi, ataupun platform media sosial tetap sama, maka itu rentan diakses oleh hacker, untuk kemudian disalahgunakan.

“Faktor keamanan data kini memang menjadi penting, oleh karena itu, ganti password secara berkala dapat membantu mencegah hacker yang melakukan akses ke akun kita,” ucap Yopie saat berbincang dengan Bloomberg Technoz di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

Belanja korporasi untuk keamanan siber meningkat tajam menyusul tingginya kekhawatiran atas cyberattack (Divisi Riset Bloomberg Technoz)