Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Sebut Serangan Hacker ke BSI dalam Pantauan KSSK

Krizia Putri Kinanti
19 May 2023 11:32

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok. Kementerian Keuangan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Dok. Kementerian Keuangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati angkat bicara soal serangan hacker terhadap data dan sistem teknologi informasi PT Bank Syariah Indonesia (BRIS) atau BSI. Kasus serangan hacker terhadap BSI masuk pantauan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Sri Mulyani yang juga menjabat sebagai Ketua KSSK mengatakan, OJK sudah. melaporkan masalah BSI tersebut dan terus melakukan pemantauan. 

"OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sudah menyampaikan laporan pada forum KSSK mengenai situasi yang terjadi dan saat ini OJK bersama dengan BSI terus melakukan pantauan dampak disrupsi pelayanan yang sudah kembali normal sekarang ini dan menjamin dan meyakinkan keamanan data dan dana dari nasabahnya," kata Sri Mulyani usah menghadiri Rapat Paripurna DPR RI Ke-23 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023 pada Jumat (19/5/2023).

Seperti diketahui, sistem IT Bank BSI sempat lumpuh pada 8 Mei 2023 akibat serangan hacker. Pasca serangan, grup hacker kriminal LockBit mengaku bertanggungjawab dan mengancam BSI akan menyebarkan data internal BSI yang telah mereka kuasai.

Data tersebut kemudian dipublikasikan oleh LockBit pada 15 Mei lalu karena negosiasi dengan BSI tidak mencapai titik temu. LockBit dikabarkan meminta tebusan US$20 juta atau sekitar Rp295 miliar agar data Bank BSI yang mereka kuasai tidak disebarluaskan.