Logo Bloomberg Technoz

Berkala menggantikan kata kunci juga bermanfaat karena membatasi akses logger keystroke.

Apa itu logger keystroke? Merupakan teknologi pengawasan yang berfungsi merekam penekanan tombol. Hacker biasa memanfaatkan teknologi ini untuk mencuri password sebuah akun. Dengan penggantian berkala memperkecil risiko terjadinya pencurian password

Pilihan cara nge-hack oleh pihak-pihak tertentu semakin banyak. Salah satunya lewat teknologi guesswork. Dengan mengganti password secara berkala ruang peretas untuk masuk mengecil.

Guesswork adalah modus peretasan sebuah akses dengan cara menebak password. Aksi menebak dilakukan dengan cara melihat calon target mengetik password-nya.

Banyak penyedia paltform menyarankan untuk megubah password selama tiga bulan sekali demi keamanan data Anda, meskipun berdasarkan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bahwa 66,82% user internet belum pernah mengganti password.

BSI. (Dok. LockBit)

Sebelumnya, Bank BSI juga telah menyatakan agar nasabah melakukan penggantian password dan pin secara berkala dan selalu waspada terhadap akun palsu atau pihak-pihak yang mengatas namakan Bank Syariah Indonesia.

"Itu reminder saja kepada nasabah untuk secara berkala mengganti password dan sandi," kata Gunawan kepada Bloomberg Technoz, Kamis (18/5/2023).

(wep/ggq)

No more pages