Logo Bloomberg Technoz

Cara Ikut Lelang Rumah BRI, Mudah dan Murah


Ilustrasi perumahan. (Envato/ellinnur)
Ilustrasi perumahan. (Envato/ellinnur)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Di tengah kenaikan harga properti dan isu pemotongan gaji pekerja untuk Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), lelang rumah BRI bisa menjadi solusi efektif untuk mendapatkan rumah berkualitas. Proses ikut lelang rumah BRI cukup mudah, termasuk mencari informasi lelang dan tips bidding.

Keuntungan Lelang BRI dan Berbagai Aset yang Ditawarkan

Lelang BRI tidak hanya menyediakan rumah, tetapi juga tanah, ruko, dan berbagai aset lainnya. Lelang dengan sistem bidding memungkinkan peserta melihat penawaran melalui kode acak yang dikembangkan oleh Lelang.go.id. Ini merupakan metode lelang digital yang adil, karena setiap peserta bisa mengetahui jumlah partisipan lainnya.

Prosedur Mengikuti Lelang BRI

Bagi Anda yang berminat mengikuti lelang BRI, berikut adalah sembilan prosedur yang perlu diikuti:

  1. Cari Aset Sesuai Lokasi dan Preferensi: Gunakan fitur pencarian berdasarkan lokasi, area sekitar, atau nama aset.

  2. Pilih Aset yang Diinginkan: Detail aset akan muncul lengkap dengan foto, deskripsi, informasi kelengkapan rumah, akses dan fasilitas, lokasi yang dapat diakses melalui Google Maps, nomor HP petugas BRI, dan kalkulator KPR.

  3. Hubungi Petugas BRI: Untuk mengetahui lebih lanjut lokasi dan kondisi aset, hubungi petugas BRI melalui nomor Whatsapp yang tersedia di halaman aset.

  4. Penjualan Aset Secara Umum: Aset dijual melalui penjualan damai atau mekanisme lelang.

  5. Pengumuman Lelang: Lelang adalah penjualan aset secara terbuka dengan penawaran harga tertulis atau lisan. Informasi lengkap bisa dilihat di Lelang.go.id.

  6. Lelang Online: Jika terdapat link lelang online, calon pembeli bisa melanjutkan ke lelang online di Lelang.go.id setelah registrasi dan aktivasi sesuai syarat dan ketentuan.

  7. Penjualan Damai: Transaksi jual beli dilakukan langsung oleh pemilik aset berdasarkan kesepakatan dengan calon pembeli.

  8. Pastikan Dokumen Valid: Pastikan semua dokumen aset sesuai dan valid.

  9. Pelunasan dan Kelengkapan Berkas: Lakukan pelunasan dan lengkapi berkas sesuai ketentuan.