Logo Bloomberg Technoz

Riset BNEF Sebut RI Harus Kurangi Emisi, Sama dengan China & AS

News
22 May 2024 12:10

Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)
Ilustrasi Emisi Karbon (Dok. Envato)

Sing Yee Ong - Bloomberg News

Bloomberg, Laporan dari BloombergNEF (BNEF) menyebutkan bahwa China, Indonesia, dan Vietnam perlu menargetkan pengurangan emisi yang lebih dalam karena rencana saat ini dianggap masih terlalu banyak menimbulkan polusi dan lebih mahal dibandingkan dengan alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Ketiga negara tersebut menyumbang 34% dari emisi sektor energi global tahun lalu dan "memiliki ruang lingkup paling besar untuk meningkatkan ambisi mereka," kata BNEF dalam laporan New Energy Outlook  pada Selasa (21/05/2024). 

Negara-negara seperti India, Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat, dan Australia, meskipun berada pada posisi yang lebih baik untuk mencapai net zero, juga memiliki ruang untuk meningkatkan pengurangan emisi, menurut laporan tersebut, yang memeriksa total 12 negara yang mencakup dua pertiga emisi energi dunia.

China, penghasil emisi terbesar di dunia, yang telah berjanji untuk mencapai emisi net zero pada 2060, membakar batu bara, minyak, dan gas alam dalam jumlah yang mencapai rekor pada 2023. Namun, mereka juga dengan cepat memperluas penggunaan energi terbarukan. 

Negara-negara penghasil emisi terbesar. (Sumber: Bloomberg)