Logo Bloomberg Technoz

Tingkat Pengangguran Naik, Sinyal Perekonomian AS Mulai Melambat?

News
04 May 2024 07:00

Ilustrasi pekerja di Amerika.
Ilustrasi pekerja di Amerika.

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Perekrutan pekerjaan di AS menurun pada bulan April dan tingkat pengangguran naik secara tidak terduga. Hal ini menunjukkan adanya sedikit pelemahan dalam pasar tenaga kerja setelah awal tahun yang kuat.

Data Biro Statistik Tenaga Kerja yang dirilis Jumat (03/05/2024) menunjukkan, jumlah penggajian non-pertanian (nonfarm payroll) naik 175.000 bulan lalu, yang merupakan peningkatan terkecil dalam enam bulan. Tingkat pengangguran naik menjadi 3,9% dan pertumbuhan upah melambat.

Laporan hari Jumat ini menandakan bukti lebih lanjut bahwa permintaan akan pekerja sedang moderat. Namun, data tersebut kemungkinan tidak menunjukkan "pelemahan yang tidak terduga" yang menurut Jerome Powell, gubernur bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), akan memerlukan respons kebijakan.

Powell, yang berbicara pada Rabu (01/05/2024) setelah bank sentral menahan suku bunga tidak berubah untuk pertemuan keenam berturut-turut, mencatat bahwa pertumbuhan upah kemungkinan perlu "turun secara bertahap" agar pembuat kebijakan dapat memenuhi tujuan inflasi mereka. Laporan hari Jumat menunjukkan beberapa pergerakan ke arah itu setelah serangkaian rilis awal pekan ini yang menunjukkan tekanan upah terus berlanjut.

Lapangan pekerjaan AS. (Sumber: Bloomberg)