Logo Bloomberg Technoz

Powell Tahan Pemangkasan Suku Bunga, Tinggalkan Waktu Tak Pasti

News
02 May 2024 09:30

Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Catarina Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Jerome Powell menjaga harapan untuk penurunan suku bunga tahun ini sambil mengakui bahwa ledakan inflasi telah mengurangi keyakinan para pembuat kebijakan bahwa tekanan harga telah berkurang.

Powell, berbicara kepada wartawan pada Rabu setelah pertemuan terakhir bank sentral AS di Washington, mengatakan pertumbuhan harga kemungkinan akan kembali mendingin tahun ini, tetapi menghindari memberikan jadwal untuk penurunan suku bunga.

Pernyataan Powell mencerminkan pergeseran yang lebih luas dalam pemikiran di The Fed untuk mempertahankan biaya pinjaman pada level tertinggi dua dekade lebih lama. Perubahan nada tersebut--yang pertama kali disuarakan bulan lalu--merupakan puncak dari kenaikan inflasi, perekrutan tenaga kerja, dan belanja konsumen selama beberapa bulan yang juga membuat para investor mengurangi pertaruhan mereka dari sekitar enam kali penurunan suku bunga tahun ini menjadi hanya satu kali.

"Saya tidak tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan," kata Powell mengenai kapan dia dan rekan-rekannya mungkin memiliki kepercayaan diri untuk menurunkan suku bunga. "Saya hanya bisa mengatakan bahwa ketika kami mendapatkan keyakinan itu, maka penurunan suku bunga akan dilakukan, dan saya tidak tahu kapan tepatnya."