Logo Bloomberg Technoz

Ini Alasan Bank-bank China Aman di Tengah Krisis Perbankan Dunia

News
27 March 2023 14:39

China Mempersiapkan Perayaan Hari Nasional ke-57 (Sumber: Bloomberg)
China Mempersiapkan Perayaan Hari Nasional ke-57 (Sumber: Bloomberg)

Felix Tam dan Olivia Tam - Bloomberg News

Bloomberg, Bank-bank China dapat tetap berdiri kokoh di tengah kondisi perbankan global yang terus terguncang buntut dari jatuhnya Credit Suisse. Apa penyebabnya?

Analis Bloomberg Intelligence Francis Chan dalam sebuah catatan mengatakan bahwa ancaman tersebut tidak mungkin menular ke instrumen yang diterbitkan oleh enam bank negara China. Menurut perhitungannya, sekitar 94% dari obligasi aditional tier 1 (AT1) yang diterbitkan oleh mereka dijual di dalam negeri dan sisanya dipegang dalam rekening dolar.

Obligasi AT1 merupakan surat utang yang dibisa diakui sebagai bagian modal inti bank. Instrumen ini bertindak sebagai pengaman bagi bank jika terjadi gejola. Pembuatan instrumen ini bercermin dari krisis 2008 yang melahirkan aturan Basel III di perbankan.

China telah memperketat kontrolnya terhadap sistem keuangan, yang didukung oleh oleh perubahan baru-baru ini pada periode ketiga Xi Jinping sebagai presiden yang menugaskan komite keuangan pusat di bawah Partai Komunis untuk mendesain pengembangan sektor tersebut.