Logo Bloomberg Technoz

Oorang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya karena membahas informasi pribadi, menggambarkan akuntansi perusahaan sebagai “seni daripada ilmu pengetahuan”. Mereka  juga mengatakan bahwa Starlink tidak benar-benar menguntungkan berdasarkan basis operasional dan berkelanjutan.  

Perusahaan-perusahaan tertutup tidak perlu merilis laporan keuangan mereka secara terbuka dan sering kali memoles angka-angka di buku keuangan saat menggalang dana.

Banyak yang beroperasi selama bertahun-tahun dengan mengandalkan pembiayaan sambil menghabiskan modal tunai. 

Namun, orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang neraca keuangan Starlink mengatakan bahwa kuartal-kuartal yang menghasilkan uang kurang konsisten dibandingkan dengan yang disarankan Elon Musk kepada para investor, ketika ia merayakan pencapaian “arus kas BEP” kata dia tahun lalu di platform media sosialnya, X.

Perangkat Starlink di Darat.

Seperti halnya produsen mobil listrik Elon Musk, Tesla Inc, yang mengubah industri otomotif global, SpaceX juga mengubah peta industri roket dan satelit.

SpaceX telah memangkas biaya peluncuran roket dengan pendorong yang dapat digunakan kembali - sebagian besar dibuat sendiri.

Dengan Starlink yang kini menguasai sebagian besar satelit aktif di seluruh dunia, profil global perusahaan ini semakin meningkat.

Space Exploration Technologies Corp pada bulan Desember lalu bernilai hampir US$180 miliar. Hal yang membuat SpaceX setara dengan perusahaan raksasa seperti Verizon Communications Inc dan General Electric Co.

SpaceX sekarang menjadi bagian dari program luar angkasa pemerintah AS dan telah menjadi pemain utama dalam keamanan nasional. Namun, perusahaan mengandalkan sebagian dari Starlink untuk membayar tagihannya.

Seperti yang dikatakan SpaceX, ada batasan berapa banyak uang yang bisa dihasilkan dari peluncuran roket. Elon Musk mengandalkan bisnis satelit yang berkembang pesat untuk mendanai ambisi sang miliarder untuk mencapai Mars.

Peluncuran Roket SpaceX Membawa Perangkat Starlink Mengorbit Rendah di Bumi

Menurut beberapa investor, Starlink menyumbang lebih dari separuh pendapatan SpaceX di tahun 2024.

“Mungkin ada 150 pelanggan roket di planet ini, tetapi ada delapan miliar pelanggan potensial untuk Starlink,” kata Presiden SpaceX Gwynne Shotwell dalam sebuah wawancara dengan mitra Goldman Sachs, Susie Scher, diunggah bulan lalu.

SpaceX tidak member tanggapan atau komentar lebih lanjut. 

Kendala Kapasitas

Untuk menjangkau para pelanggan, Starlink sedang membangun jaringan lebih besar dari satelit-satelit dia yang mengelilingi Bumi pada ketinggian rendah untuk mengurangi latensi. Latensi adalah jeda waktu yang dibutuhkan data untuk melakukan perjalanan dari satelit ke terminal. 

Saat ini, Starlink memiliki 5.600 satelit aktif yang dikerahkan, tetapi berencana untuk menambah puluhan ribu satelit lagi untuk mengurangi waktu transmisi dan meningkatkan kemampuan internet di seluruh dunia.

Pasca sepenuhnya digunakan, jaringan ini bertujuan untuk menyaingi penyedia layanan telekomunikasi. Sang rival kerap menggunakan satelit lebih besar dan mengorbit lebih tinggi dan melayang di atas satu lokasi.

Prinsip kerja layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk.

Tidak seperti penyedia layanan seluler, Starlink tidak dapat secara strategis menentukan area yang membutuhkan kapasitas lebih besar, dengan menambahkan menara statis.

Starlink harus terus menambahkan lebih banyak satelit ke dalam sistemnya, kata peneliti ruang angkasa Caleb Henry dari perusahaan penasihat Quilty Space, yang sebelumnya dikenal sebagai Quilty Analytics.

“Ini seperti mencoba menaikkan permukaan laut. Satelit ini tersebar di mana-mana dan satu-satunya cara untuk meningkatkan jumlahnya adalah dengan menyebarkannya ke mana-mana,” ucap  Henry.

Terlalu banyak orang yang memanfaatkan satelit pada satu waktu, dapat membebani sistem. Situasi yang menyebabkan gangguan bagi orang-orang di lapangan.

Peningkatan pengguna di lokasi perkotaan dan pinggiran kota telah “menurunkan kinerja,” kata Mark Giles, analis utama di Ookla, yang melacak kecepatan Starlink dan menganalisis kinerja internet.

Baca Juga:  Apa itu Internet Satelit Orbit Rendah yang Digagas Elon Musk?

Kecepatan Starlink mulai menurun pada tahun 2022, bertepatan dengan peningkatan jumlah pengguna, demikian temuan Ookla. 

Kecepatannya kembali meningkat, terutama di wilayah dengan populasi yang lebih sedikit, karena SpaceX meluncurkan satelit yang ditingkatkan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas.  

Perusahaan berharap untuk meningkatkan kecepatan lebih cepat lagi akhir tahun dengan  memulai peluncuran komersial Starship, sebuah roket yang lebih besar dari Falcon 9 yang saat ini digunakan.

Pesawat ruang angkasa yang mahal ini masih dalam tahap pengujian dan bertujuan untuk memungkinkan SpaceX meluncurkan satelit yang lebih besar.

“Starlink harus mempercepat penyebaran satelitnya per peluncuran dan fokus pada keandalan satelit dan layanan internet yang ada,” kata Andrea Lamari, Managing Partner di Cuatro Capital, dan General Partner yang sedang dalam masa transisi di Manhattan Venture Partners, perusahaan modal ventura yang telah berinvestasi di SpaceX.

“Starlink telaj mampu memperluas cakupan secara mencolok di mana opsi internet tradisional terbatas atau tidak ada. Mereka juga harus terus meningkatkan kapasitas bandwidth dan mengurangi latensi di setiap kesempatan yang ada.”

Nikmati Internet di Ketinggian 9,1 km

Masalah kapasitas mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Starlink berjuang untuk mendapatkan beberapa kontrak korporat yang menguntungkan.

Semua maskapai penerbangan besar—Delta, Southwest Airlines, American, dan United — telah menolak layanan yang dipimpin oleh Elon Musk dan memilih untuk tetap menggunakan penyedia Wi-Fi yang sudah mapan seperti Viasat Inc.

Para analis mengatakan bahwa SpaceX tidak memberikan kontrak jangka panjang dan eksklusivitas yang sering diinginkan oleh klien korporat. Biaya yang ditawarkan sangat mahal untuk menggantikan Wi-Fi yang sudah ada —untuk layanan yang belum menonjol dari pesaing.

Viasat, sebagai contoh, memiliki ratusan staf penjuala, dibandingkan dengan puluhan orang yang dimiliki Starlink, kata orang-orang yang mengetahui bisnis ini. Viasat menolak berkomentar.

“Kami akan terus melihat teknologi baru seperti Starlink. Tetapi saat ini fokus kami adalah untuk mendapatkan Wi-Fi yang kami miliki ke tingkat kinerja yang tepat,” jelas sang CEO Southwest Bob Jordan kepada Bloomberg tahun lalu.

Bagi Delta, ingatan tentang demonstrasi yang gagal pada tahun 2022 masih belum pudar, menurut orang-orang yang mengetahui upaya Starlink untuk mengambil hati maskapai ini.

Para eksekutif Delta sangat ingin menguji coba internet Starlink, tetapi ketika pesawat jetnya terbang di ketinggian 30.000 kaki atau sekitar 9,1 kilometer (km) di atas Chicago, pesawat itu tidak dapat terhubung ke layanan tersebut.

Sebagai solusi cepat, SpaceX mematikan internet untuk beberapa pelanggan yang membayar di kota di bawahnya, kata orang-orang ini.

Langkah ini membuat Wi-Fi berfungsi di kabin pesawat, tetapi tidak cukup untuk memenangkan kontrak Delta, kata orang-orang tersebut. Delta, American dan United menolak berkomentar.

Pertumbuhan bisnis internet satelit Starlink milik SpaceX.

Starlink terbukti lebih sukses dalam mendapatkan klien korporat di daerah pedesaan dan maritim di mana masalah kapasitas tidak membebani sistem.
Starlink telah mendaftarkan klien seperti Carnival Cruise Lines, Deere & Co. dan pengirim Anglo-Eastern Ship Management Ltd.

Di Anglo-Eastern, Chief Information Officer (CIO) Torbjorn Dimblad mengatakan bahwa akses Starlink telah menjadi sebuah kebutuhan. Layanannya telah mengurangi biaya secara drastis. 

“Ini seperti tiba-tiba mendapatkan air yang mengalir,” katanya.

Anglo-Eastern telah memiliki layanan ini di sekitar 300 dari 650 kapal yang dikelolanya secara penuh. Mereka menghabiskan sekitar US$2.700 per kapal untuk perangkat Starlink dan US$1.000 per bulan untuk layanan internet.

Hal ini dibandingkan dengan ongkos yang harus dikeluarkan sekitar US$20.000 untuk peralatan dan US$2.000 per bulan sebagai biaya berlangganan yang dibayarkan perusahaan per kapal  layanan dari penyedia satelit yang sudah ada. seperti Eutelsat dan Inmarsat Global Ltd dari Viasat. Kecepatan unduh yang mereka dapatkan juga lebih lambat

Pastinya, profitabilitas meningkat karena Starlink mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi satelit dan terminal darat.

Seseorang yang mengetahui keuangan perusahaan mengatakan bahwa omzet tunai Starlink meningkat menjelang akhir tahun 2023 dan sekarang lebih konsisten menguntungkan.

SpaceX telah memenuhi atau melampaui proyeksi pendapatan selama tiga tahun terakhir, kata orang lain yang mengetahui neraca keuangan perusahaan.

Perusahaan memperkirakan penjualan akan tumbuh menjadi US$15 miliar tahun ini dari US$4,7 miliar tahun lalu, kata orang-orang ini.

Perangkat Starlink.

Untuk mengimbangi pertumbuhan tersebut, para investor mengatakan bahwa mereka memperkirakan SpaceX harus mengumpulkan lebih banyak uang atau mendapatkan suntikan dana dari Elon Musk sendiri. 

SpaceX telah mempertimbangkan pemisahan Starlink dan potensi mencatatkan saham di pasar modal melalui IPO. Skema yang akan memungkinkannya menjadi entitas mandiri.

Saat dipisah dari Space X, Starlink akan mengumpulkan utang atau ekuitas secara terpisah dari perusahaan induk, demikian laporan Bloomberg News.

SpaceX telah mengambil data Starlink dan menyimpannya di server khusus, kata orang-orang yang mengetahui rencana tersebut.

Saat ini, perusahaan mengatakan tidak terburu-buru untuk melakukan IPO. “Ini akan menjadi lebih banyak di tahun-tahun mendatang,” kata Johnsen, CFO, bulan Maret 2024.

(bbn)

No more pages