Logo Bloomberg Technoz

Serangan tersebut menggarisbawahi bahaya terhadap kota dengan populasi sebelum perang yang berjumlah hampir 1,5 juta jiwa dan terletak dekat dengan perbatasan Rusia.

Sembilan blok apartemen bertingkat tinggi rusak dalam serangan terbaru bersama dengan dua taman kanak-kanak, dua sekolah, dan puluhan toko lokal, menurut Terekhov. Lebih dari 3.600 jendela pecah akibat kekuatan serangan tersebut.

Secara total, Ukraina menjatuhkan tiga dari enam rudal dan 28 dari 32 drone yang ditembakkan oleh pasukan Rusia semalam, kata komando Angkatan Udara melalui Telegram.

Namun, rudal S-300, yang awalnya dirancang oleh Soviet untuk mencapai sasaran udara, lolos dari pertahanan udara Ukraina dalam serangan jarak dekat di Kharkiv.

Secara terpisah, empat orang tewas dan 23 lainnya luka-luka di Zaporizhzhia di selatan Ukraina dalam serangan rudal pada hari Jumat, kata kementerian dalam negeri melalui Telegram. Serangan tersebut menargetkan pusat bantuan bagi pengungsi perang, menurut otoritas regional.

Bahkan, ketika negara-negara Barat telah memberikan Ukraina sistem pertahanan udara yang canggih, jumlah mereka tidak cukup untuk menjamin perlindungan penuh terhadap kota-kota besar.

Panglima Tertinggi Ukraina Oleksandr Syrskyi dan Menteri Pertahanan Rustem Umerov menyerukan lebih banyak sistem pertahanan udara dan rudal melalui panggilan telepon dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin pada hari Jumat. Pernyataan di akun jejaring sosial mereka tidak merinci prospek mendapatkan bantuan tersebut.

Seiring dengan berlanjutnya serangan udara termasuk pemboman terhadap infrastruktur energi, pasukan Kremlin baru-baru ini meningkatkan tempo operasi darat mereka di timur Ukraina.

Pasukan Rusia menggunakan keunggulan mereka dalam angkatan udara, rudal dan ketersediaan amunisi artileri untuk mencapai tujuan menduduki seluruh wilayah Donetsk, kata Syrskyi dalam sebuah posting Telegram pada hari Sabtu.

Pasukan Kremlin melancarkan operasi ofensif sepanjang waktu, katanya, dengan beberapa pertempuran paling sengit terjadi di timur Chasiv Yar, di mana unit-unit Rusia berusaha menerobos pertahanan Ukraina di kota tersebut.

“Pasukan Rusia tampaknya telah mengintensifkan upaya mereka di sebelah barat Bakhmut untuk merebut Chasiv Yar,” kata Institut Studi Perang yang berbasis di AS dalam laporan hariannya. Chasiv Yar, sekitar 10 kilometer (6 mil) sebelah barat Bakhmut di wilayah Donetsk, dianggap penting secara strategis.

(bbn)

No more pages