Logo Bloomberg Technoz

OpenAI Bisa Kloning Suara Manusia Bermodal Rekaman 15 Detik

Redaksi
01 April 2024 05:10

Ilustrasi OpenAI dengan produk ChatGPT. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi OpenAI dengan produk ChatGPT. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, OpenAI memiliki fitur baru berbasis suara. Teknologi yang tengah diuji coba mampu menghasilkan suara tiruan atau kloning dengan sumber rekaman berdurasi 15 detik.

Perusahaan ini melakukan demo awal dalam skala terbats. Mencontohnya penggunaan dari preview skala kecil dari model text-to-speech, disebut Voice Engine. Fitur baru kloning suara manusia sejauh ini telah dibagikan kepada sekitar 10 pengembang, kata  juru bicara OpenAI pada sebuah blog, dikutip, Senin (1/4/2024).

Tidak seperti upaya OpenAI sebelumnya dalam menghasilkan konten audio, Voice Engine dapat membuat ucapan yang terdengar seperti orang perorangan, lengkap dengan irama dan intonasi spesifik mereka. Software hanya membutuhkan 15 detik rekaman audio seseorang yang sedang berbicara untuk membuat ulang suaranya.

OpenAI kemudian membagikan hasil permulaan dari uji coba fitur yang dapat membaca kata-kata dengan suara manusia secara meyakinkan - menyoroti batas baru untuk kecerdasan buatan dan meningkatkan risiko deepfake.

Ilustrasi teknologi AI. (Dok: Bloomberg)

OpenAI memutuskan untuk tidak meluncurkan fitur yang lebih luas, seperti telah dijelaskan kepada wartawan Maret. Juru bicara selanjutnya mengatakan bahwa perusahaan memutuskan untuk mengurangi peluncurannya setelah menerima respons dari para pemangku kepentingan seperti regulator, kalangan industri, akademisi, dan kreatif.