Logo Bloomberg Technoz

Sebagian besar dunia menginginkan Israel untuk membatalkan rencana tersebut dan hal ini menjadi sumber perselisihan yang semakin signifikan antara pemerintah Israel dan AS.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa militer Israel akan mengizinkan warga sipil keluar dari Rafah sebelum melakukan serangan, namun ada keraguan bahwa hal itu dapat dilakukan dengan aman dan cepat. Juga tidak jelas ke mana tepatnya mereka akan dipindahkan karena sebagian besar wilayah Gaza telah hancur atau masih menjadi zona perang.

Netanyahu mengatakan bahwa jika Israel tidak bergerak ke Rafah, Hamas dapat berkumpul kembali dan akhirnya melakukan serangan lain yang serupa dengan serangan pada 7 Oktober yang memicu perang. Hamas dan militan lainnya telah membunuh 1.200 orang di Israel selatan dan menyandera 240 orang.

Serangan udara dan darat Israel ke Gaza telah menewaskan lebih dari 32.000 orang, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas. Amerika Serikat dan Uni Eropa menganggap Hamas sebagai kelompok teroris.

Sebuah delegasi Israel berada di Washington minggu ini untuk membahas Rafah. Delegasi ini akan dipimpin oleh Menteri Urusan Strategis Ron Dermer--yang merupakan salah satu sekutu terdekat Netanyahu--dan Tzachi Hanegbi, penasihat keamanan nasional.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant berada di sana secara terpisah, dan akan bertemu dengan mitranya dari AS, Lloyd Austin, serta Blinken.

Blinken mengatakan bahwa para pejabat AS akan memberikan rincian kepada Israel mengenai alternatif-alternatif operasi darat besar di Rafah.

"Operasi darat militer besar-besaran di Rafah bukanlah cara yang tepat," kata Blinken saat mengunjungi Tel Aviv pada Jumat. "Ini berisiko membunuh lebih banyak warga sipil, berisiko menimbulkan malapetaka yang lebih besar dalam penyediaan bantuan kemanusiaan, berisiko semakin mengisolasi Israel di seluruh dunia dan membahayakan keamanan jangka panjang dan posisinya."

Setelah bertemu dengan Blinken, Netanyahu menjelaskan perspektif yang sangat berbeda.

"Kami tidak memiliki cara untuk mengalahkan Hamas tanpa memasuki Rafah dan melenyapkan sisa-sisa batalyon di sana," katanya. "Saya mengatakan kepadanya bahwa saya berharap kami akan melakukan hal ini dengan dukungan AS, tetapi jika perlu, kami akan melakukannya sendiri."

Biden juga meningkatkan seruan agar Israel mengizinkan lebih banyak bantuan masuk ke Gaza karena situasi kemanusiaan memburuk dan PBB memperingatkan akan terjadinya kelaparan.

"Ini adalah waktunya untuk benar-benar membanjiri Gaza dengan bantuan yang dapat menyelamatkan nyawa," kata Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Minggu saat berada di sisi Mesir di penyeberangan perbatasan Rafah. "Pilihannya jelas: lonjakan atau kelaparan."

(bbn)

No more pages