Logo Bloomberg Technoz

Obligasi Australia dan Selandia Baru menguat, menggemakan kenaikan dalam Treasury. Kenaikan cenderung ke arah jangka pendek dengan imbal hasil dua tahun turun delapan basis poin dan 10 tahun turun dua basis poin. Pergerakan ini mencerminkan peningkatan ekspektasi bahwa Fed akan memangkas suku bunga pada awal Juni. Dolar memperpanjang kerugian, sementara Treasury stabil selama perdagangan Asia.

Para pembuat kebijakan mempertahankan pandangan mereka untuk tiga kali pemangkasan pada tahun 2024 dan bergerak ke arah memperlambat laju pengurangan kepemilikan obligasi mereka, menunjukkan bahwa mereka tidak khawatir dengan kenaikan inflasi baru-baru ini.

Sementara Jerome Powell terus menyoroti para pejabat yang ingin melihat lebih banyak bukti bahwa harga-harga akan turun, dia juga mengatakan bahwa akan lebih tepat untuk memulai pelonggaran "di beberapa titik tahun ini."

"Pasar Asia kemungkinan akan melihat gelombang reli yang melegakan karena para pedagang mendapatkan kepercayaan diri dari pandangan yang lebih jelas tentang gambaran jangka pendek," kata Hebe Chen, seorang analis di IG Markets di Melbourne. "Rasa kepastian yang meningkat ini kemungkinan akan sangat dihargai oleh pasar Jepang."

Fututres suggest cuts (Dok: Bloomberg)

Indeks dolar Bloomberg memperpanjang kerugian setelah turun 0,4% pada Rabu setelah pergerakan Treasury. Yen memangkas kerugian intraday terhadap greenback pada Kamis pagi setelah penurunan di sesi sebelumnya untuk diperdagangkan di sekitar 151 per dolar.

Dolar Selandia Baru juga membalikkan kerugian sebelumnya karena data produk domestik bruto menunjukkan negara tersebut secara tak terduga jatuh ke dalam resesi pada paruh kedua tahun 2023. Produksi pada kuartal keempat mengalami kontraksi 0,1% untuk menandai kuartal kedua pertumbuhan negatif.

Dalam berita perusahaan, saham Micron Technology Inc, pembuat chip memori komputer terbesar di AS, melonjak pada akhir perdagangan karena perkiraan pendapatan yang sangat kuat. Di tempat lain, Tencent Holdings Ltd berencana untuk meningkatkan program pembelian kembali sahamnya menjadi setidaknya US$12,8 miliar tahun ini.

Emas menguat dan diperdagangkan di atas US$2.200 per ons untuk pertama kalinya setelah komentar the Fed. Tingkat suku bunga yang lebih rendah biasanya positif untuk logam mulia, yang tidak menghasilkan bunga. Sementara itu, Bitcoin membendung penurunan baru-baru ini untuk naik mendekati US$68.000. West Texas Intermediate, harga minyak AS, naik setelah penurunan pada Rabu.

(bbn)

No more pages