Logo Bloomberg Technoz

Dia akan menjamu Presiden China Xi Jinping minggu depan, ini akan menjadi internasional paling terkenal ke Moskow sejak dimulainya perang. Putin juga diketahui tengah mengosongkan jadwalnya untuk kemungkinan menghadiri KTT Kelompok 20 di India pada bulan September.

Surat penangkapan Putin tersebut dirilis oleh ICC, lembaga pengadilan internasional yang menangani masalah genosida, perang dan kejahatan kemanusiaan lainnya. Namun sejumlah negara diketahui tidak meratifikasi penandatangan Rome Statue ICC, sebuah pakta yang mengakui kehadiran mahkamah tersebut. Negara-negara itu termasuk China, India dan AS, serta Rusia. 

Meskipun juga bukan anggota pengadilan, Ukraina telah mengakui yurisdiksi badan tersebut untuk mengadili kejahatan yang dilakukan di wilayah Ukraina selama hampir satu dekade, yang memberikan alasan kepada ICC untuk mengeluarkan surat perintah terhadap pemimpin Rusia tersebut.

“Dia jelas melakukan kejahatan perang,” kata Biden di luar Gedung Putih pada Jumat malam. Dia menyebut surat perintah itu "dibenarkan", menambahkan bahwa meskipun AS tidak mengakui pengadilan, "Saya pikir itu membuat poin yang sangat kuat."

Pejabat di Kyiv merayakan langkah tersebut, dengan Presiden Volodymyr Zelenskiy memujinya sebagai langkah menuju “pertanggungjawaban bersejarah.” Ukraina sedang menyelidiki lebih dari 16.000 dugaan kasus deportasi paksa anak-anak oleh Rusia, kata Zelenskiy dalam pernyataan video. Sejauh ini, Ukraina hanya mampu membawa pulang lebih dari 300 anak, katanya.

Meskipun ada kasus di mana kekebalan penjabat kepala negara ditolak oleh lembaga peradilan internasional — termasuk presiden Yugoslavia saat itu, Slobodan Milosevic, dan Omar al-Bashir dari Sudan — langkah ICC terhadap Putin unik karena ruang lingkup, menurut pengacara Karinna Moskalenko, yang mewakili Mikhail Khodorkovsky, pernah menjadi salah satu orang terkaya Rusia yang berselisih dengan Putin dan menghabiskan bertahun-tahun di penjara Rusia.

“Belum pernah ada surat perintah penangkapan yang dikeluarkan terhadap seorang pemimpin tenaga nuklir dan anggota tetap Dewan Keamanan PBB,” kata Moskalenko melalui telepon dari Strasbourg di Prancis.

 

(bbn)

No more pages