Logo Bloomberg Technoz

Di negara yang dikenal dengan spektakel pernikahan, ekstravaganza pra-nikah untuk Anant Ambani tidak hanya akan menonjol karena pesta makanan mewah dan kemegahannya, tetapi juga sebagai bukti penguasaan Ambani yang semakin dalam di banyak area ekonomi India. 

Konglomerat minyak hingga telekomunikasi milik taipan India berusia 66 tahun tersebut, Reliance Industries Ltd., telah mengadakan kesepakatan senilai miliaran dolar dengan investor global yang mencari cara untuk mengakses 1,4 miliar konsumen negara tersebut.

Daftar tamu tampaknya memiliki lebih banyak RSVP dari para titan korporat global daripada pernikahan dua anak tertua Ambani pada tahun 2018 dan 2019. Hal tersebut menegaskan pengaruh Reliance yang berkembang dan perannya sebagai jembatan ke ekonomi India bagi raksasa teknologi, media, dan energi global.

Bill Gates. (Dok: Bloomberg)

Tokoh-tokoh seperti Mark Zuckerberg dari Meta Platforms Inc., Co-founder Microsoft Corp. Bill Gates, Co-founder BlackRock Inc. Larry Fink, Chief Executive Officer Alphabet Inc. Sundar Pichai, dan chairman Saudi Aramco Yasir Al Rumayyan diharapkan akan hadir.

Seorang perwakilan Reliance tidak segera menanggapi email yang meminta komentar tentang tamu dan perayaan yang direncanakan di acara Jamnagar.

Anant Ambani dan tunangannya, Radhika Merchant, berencana untuk menikah pada 12 Juli. Keturunan Ambani yang berusia 28 tahun tersebut memimpin bisnis energi hijau Reliance. 

Anant, bersama dengan saudara kembarnya yang lebih tua, Isha dan Akash, ditunjuk ke dewan direksi Reliance Industries utama tahun lalu saat ayah mereka, yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$110 miliar, menerapkan rencana suksesi. 

Mark Zuckerberg, Chief Executive Officer (CEO) Meta Platforms Inc. (dok Bloomberg)

Mukesh Ambani menghadapi perseteruan fraternal yang pahit setelah ayahnya meninggal.

Para pengisi acara dan undangan, beberapa di antaranya akan diangkut dengan penerbangan charter dari New Delhi dan Mumbai, juga akan mengunjungi proyek hasrat Anant — sebuah pusat penyelamatan dan rehabilitasi hewan yang menampung ratusan gajah, buaya, harimau, dan singa.

Ivanka Trump, Ajit Jain dari Berkshire Hathaway Inc., James Murdoch dan pendiri Blackstone Group Inc. Stephen Schwarzman juga termasuk dalam daftar tamu yang diundang. 

Lainnya termasuk tokoh penting Wall Street seperti Chief Executive Officer Morgan Stanley Ted Pick dan bintang Bollywood seperti Shah Rukh Khan dan Amitabh Bachchan.

Sementara para undangan A-list keluarga tersebut membawa serta ucapan selamat untuk pasangan tersebut, banyak juga yang membawa rencana bisnis India. Berikut ini adalah daftar tokoh bisnis global yang telah tertarik ke orbit bisnis Ambani selama bertahun-tahun.

(bbn)

No more pages