Logo Bloomberg Technoz

Nasdem & PKB Dinilai Paling Berpotensi ke Koalisi Prabowo-Gibran

Muhammad Fikri
19 February 2024 15:30

Kiri-kanan: Anies Baswedan, Surya Paloh dan A Muhaimin Iskandar (Cak Imin).. (Tangkapan Layar via Instagram @dpp_pkb)
Kiri-kanan: Anies Baswedan, Surya Paloh dan A Muhaimin Iskandar (Cak Imin).. (Tangkapan Layar via Instagram @dpp_pkb)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua pengamat politik menilai Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa memiliki peluang paling besar untuk bergabung pada koalisi Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dua partai ini memiliki sejarah kedekatan dengan tokoh kunci pada koalisi pemerintahan baru tersebut.

Peneliti Politik SMRC, Saidiman Ahmad menilai partai pengusung pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memiliki kans tinggi bergabung ke Prabowo-Gibran.

"Partai seperti PKB atau Nasdem cukup potensial untuk ditarik." jelas Saidiman saat dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (19/2/2024).

Menurut dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo-Gibran kemungkinan akan berupaya mengamankan dukungan legislatif pada pemerintahan yang baru. Hal ini berarti, koalisi pemerintah setidaknya harus mendapat dukungan dari 1-2 partai politik lagi.

Pada saat ini, koalisi yang berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PAN diprediksi hanya menguasai sekitar 42-43% kursi di DPR. PKB dan Partai Nasdem yang diprediksi menduduki posisi ke-4 dan ke-6 cukup memastikan pemerintah menguasai lebih dari 50% suara di DPR.

Jokowi dan Surya Paloh (Instagram/suryapaloh.id)