Logo Bloomberg Technoz

Saham Eropa Merosot karena Trader Atur Ulang Harapan Suku Bunga

News
01 February 2024 20:40

Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)
Bursa Eropa (Dok. Bloomberg)

Oleh: Pearl Liu dan John Viljoen - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham di Asia dan Eropa jatuh karena investor mengatur ulang ekspektasi mereka tentang kapan Federal Reserve akan mulai memangkas suku bunga dan menilai membanjirnya pendapatan perusahaan.

Indeks Eropa Stoxx 600 turun 0,3% pada hari yang padat dalam kalender laporan keuangan di kawasan ini. Saham Adidas AG merosot 7% setelah memberikan panduan laba yang lebih rendah dari perkiraan, sementara BNP Paribas SA turun 8% setelah menurunkan target kinerjanya untuk tahun 2025.

Indeks regional dari saham-saham Asia tergelincir 0,5%. Aozora Bank Ltd turun 21% di Tokyo setelah mengumumkan kerugian yang terkait dengan properti komersial AS. Ini menggemakan masalah untuk New York Community Bancorp di Amerika. Ekuitas berjangka AS mengisyaratkan rebound parsial setelah S&P 500 turun 1,6% pada Rabu, terbesar sejak September, karena The Fed mendorong kembali harapan bahwa pelonggaran kebijakan dapat dimulai bulan depan.  

Berbicara setelah keputusan The Fed, Gubernur Jerome Powell mengatakan, dia tidak berpikir bahwa bank sentral akan memangkas suku bunga pada Maret. Sebagai tanda bahwa para pejabat tidak terburu-buru untuk menurunkan suku bunga, bank sentral juga mengatakan bahwa "tidak berharap akan tepat untuk mengurangi kisaran target sampai mereka mendapatkan keyakinan yang lebih besar bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%."