Logo Bloomberg Technoz

Namun, dorongan sekutu terkendala dalam beberapa bulan terakhir karena invasi Rusia menuju tahun ketiga.

Di AS dan Uni Eropa, telah dana lebih dari US$100 miliar berupa bantuan vital terhenti karena kendala proses persetujuan di Washington dan Brussels. Pada bagian lain serangan balasan Ukraina tahun lalu gagal memberikan terobosan besar di medan perang.

Sementara itu, beberapa negara Uni Eropa gagal memenuhi janji yang mereka buat untuk menyediakan lebih banyak senjata dan amunisi artileri—di saat Ukraina menghadapi gelombang serangan rudal Rusia yang terus menerus.

Perang Israel-Hamas telah juga memicu perbedaan pandangan dengan negara-negara Selatan.

Ada Sedikit Kemajuan

Tidak ada kemajuan besar dalam pertemuan terakhir, yang diadakan di Riyadh, menurut orang-orang yang akrab dengan sesi yang meminta untuk tidak disebutkan namanya untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak dipublikasikan.

Ukraina dan para sekutu G-7 terus menolak seruan dari negara-negara Selatan saat konflik terus terjadi dengan Rusia, kata mereka.

Moskow telah mengecam upaya-upaya sekutu—di mana Rusia tidak diundang—sebagai sebuah lelucon.

Sementara para pejabat tinggi dari India, Arab Saudi, dan Turki bergabung dalam pertemuan bulan Desember di Riyadh, serta negara-negara Selatan lainnya yang telah datang ke beberapa sesi dalam skala lebih besar—terutama Cina, Brasil, dan Uni Emirat Arab (UEA) — tidak mengirimkan perwakilan mereka, kata orang-orang.

Beijing dipandang oleh banyak negara yang berpartisipasi sebagai peran kunci untuk memengaruhi Moskow, mengingat hubungan dekat antara keduanya.

Brasil, yang memimpin Kelompok 20 tahun ini, menyumbangkan sebuah pernyataan tertulis, kata sumber tersebut.

Kyiv dan negara G-7 menegaskan kembali pandangan mereka bahwa perdamaian yang adil dengan harus menghormati integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina. 

Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)

Ada yang berpendapat bahwa tujuan Presiden Rusia Vladimir Putin tidak berubah dan dia tidak menunjukkan tanda-tanda serius dalam menginginkan negosiasi substantif. Pembicaraan telah gagal untuk menghormati kesepakatan masa lalu.

Para sekutu jelas akan terus mendukung Ukraina, dan Uni Eropa dan AS mengatakan bahwa mereka yakin bahwa paket dukungan akan disetujui.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih menolak berkomentar. Pemerintah Ukraina maupun Saudi dan Saudi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Apa Langkah Selanjutnya

Ukraina dan sekutunya telah merencanakan pertemuan lain dengan kelompok yang lebih luas di Swiss minggu depan menjelang Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) di Davos. Pertemuan mengundang lebih dari 100 negara, kata orang-orang. 

Sesi sebelumnya adalah diadakan di Kopenhagen, Jeddah dan Malta tahun lalu.

Kyiv ingin mengadakan pertemuan para pemimpin mengenai cetak biru tersebut pada awal tahun ini. Agenda ini akan dibuat sebagai batu loncatan dalam membangun rencana berdasarkan seperangkat prinsip yang disepakati sebagai dasar untuk setiap pembicaraan di masa depan dengan Moskow.

Beberapa negara percaya bahwa pertemuan tingkat pemimpin dalam beberapa bulan mendatang masih terlalu dini, sementara yang lain ingin segera melibatkan Rusia dalam prosesnya

Putin mengunjungi Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan secara luas pada awal Desember, sebuah perjalanan luar negeri yang langka di tengah-tengah isolasi internasional efek invasi dia.

Seseorang yang dekat dengan Kremlin mengatakan pada akhir tahun lalu bahwa telah terjadi beberapa kontak, termasuk dalam kesepakatan gencatan senjata. Sayangnya tidak ada informasi secara detail akan hal tersebut.

Bendera Ukraina dan Uni Eropa. (Dok: Bloomberg)

Belum ada konfirmasi dan Ukraina serta sekutunya mencurigai bahwa aksi semacam itu adalah taktik Kremlin untuk melemahkan dukungan bagi Kyiv dan mengulur-ulur waktu.

Putin telah menyatakan kesediaannya untuk mengakhiri konflik, tetapi “hanya dengan syarat-syarat dari kami.”

Syaratnya termasuk menyingkirkan pemerintahan Volodymyr Zelenskiy dan pengurangan besar-besaran dalam kemampuan pertahanan Ukraina.

“Perdamaian akan datang ketika kita mencapai tujuan kita,” kata Putin dalam sebuah acara media akhir tahun di bulan Desember. “Ini berarti demiliterisasi Ukraina dan status netralnya.”

Penarikan pasukan Rusia dari wilayahnya adalah pilar inti dari formula perdamaian Ukraina. Poin-poin lainnya termasuk mengembalikan anak-anak yang dideportasi dan tawanan perang serta memastikan keamanan pangan dan energi.

Semua peserta dalam diskusi di Riyadh mengakui hak Ukraina untuk mempertahankan diri dan sepakat akan perlunya menjunjung tinggi prinsip-prinsip utama Perserikatan Bangsa-Bangsa - termasuk menghormati integritas teritorial negara - dan hukum internasional, kata para peserta.

(bbn)

No more pages