Logo Bloomberg Technoz

Ini Penyebab Warga Jabodetabek Alami Hujan lebat hingga Banjir

Redaksi
07 January 2024 08:30

Ilustrasi hujan. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi hujan. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mengalami hujan lebat hingga banjir di wilayah tempat tinggalnya. Hal ini terjadi salah satunya karena operasi teknologi modifikasi cuaca yang dilakukan pihak pemerintah.

Dalam keterangan resmi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengaku melaksanakan operasi teknologi modifikasi cuaca sebagai upaya mitigasi dan antisipasi dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi basah pada awal 2024. 

Langkah ini dilakukan BNPB bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri. Ini dilakukan berdasarkan hasil keputusan rapat koordinasi pada 21 Desember 2023 lalu.

Pada rapat koordinasi antar lintas kementerian/lembaga tersebut, BMKG memberikan informasi prakiraan cuaca untuk awal 2024, yang berpotensi mengalami curah hujan sedang hingga sangat tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kemudian mengirimkan surat rekomendasi kepada Kepala BNPB, Suharyanto, termasuk seluruh kepala daerah se-pulau Jawa untuk segera mengantisipasi bencana. Kemudian, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB membentuk tim dan segera melaksanakan teknologi modifikasi cuaca.