Logo Bloomberg Technoz

Reli S&P 500 Mulai Menunjukkan Tanda Kelelahan Jelang Tutup Tahun

News
28 December 2023 05:45

S&P (Sumber: Bloomberg)
S&P (Sumber: Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Saham-saham pada bursa saham AS tengah berjuang menemukan pondasi yang kuat setelah mendekati rekor di tengah spekulasi Federal Reserve atau The Fed akan memangkas suku bunga pada 2024.

Ekuitas nyaris tak bergerak pada sisa hari terakhir tahun ini. Beberapa pedagang pun mengutip pepatah lama Wall Street yang mengatakan "jangan pernah menjual pasar yang membosankan,". Sebuah kekhawatiran telah muncul di tengah level overbought dan peringatan tentang taruhan Fed yang terlalu dovish.

Indeks S&P 500 goyah di dekat level tertinggi sepanjang masa - sebuah prestasi yang baru-baru ini diraih oleh Nasdaq 100 dan Dow Jones Industrial Average yang memicu perdebatan mengenai apakah para investor harus merasa khawatir atau merayakannya.

"Mungkin pertanyaan yang paling penting adalah: apa yang telah dilakukan S&P 500 setelah keluar dari lubangnya?" kata Ed Clissold dari Ned Davis Research. "Apakah reli ke level tertinggi baru membuat pasar menjadi overbought dan membutuhkan koreksi? Atau apakah itu adalah penembusan ke kaki naik yang baru? Sejarah berpihak pada yang terakhir."