Logo Bloomberg Technoz

Sedang Ada Skandal, Toyota Cetak Rekor Penjualan November

News
27 December 2023 14:10

Toyota. (Dok: Bloomberg)
Toyota. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Penjualan dan produksi Toyota Motor Corp mencapai rekor baru di November. Rekor ini berkat permintaan kendaraan yang stabil di Amerika Utara dan Eropa.

Penjualan global--termasuk penjualan anak perusahaan Hino Motors Ltd dan Daihatsu Motor Co naik 12% dari tahun sebelumnya menjadi 986.262 unit, yang merupakan penjualan terbanyak untuk November, kata perusahaan pada Rabu (27/8/2023). Produksi di seluruh dunia mencapai titik tertinggi sepanjang masa pada 1.067.446 unit.

Produsen mobil terbesar di dunia ini telah membuat dan menjual mobil dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya sepanjang tahun ini, semakin mengamankan dominasinya dengan mobil hibrida karena mendorong maju dengan rencana ambisius untuk memproduksi kendaraan listrik secara massal dan mengejar ketertinggalannya dari Tesla Inc milik Elon Musk dan BYD Co dari China.

Minggu lalu, Toyota terseret ke dalam skandal yang berkembang setelah sebuah investigasi menemukan bahwa Daihatsu telah memanipulasi data keselamatan tabrakan sejak tahun 1989. Daihatsu akan menangguhkan operasi hingga Januari dan memberikan kompensasi kepada para mitranya atas kerugian yang mereka alami, demikian pernyataan Daihatsu minggu ini.

Toyota mengalami skandal yang berbeda tahun lalu dengan anak perusahaan utamanya yang lain, Hino, terkait pemalsuan data emisi.