Logo Bloomberg Technoz

Kenikmatan Danau Toba bisa dilihat dari segala penjuru, hamparan air berwarna hijau kebiruan danau berpadu dengan membentang di sekelilingnya. 

Bagi penyuka tantangan, kawasan Danau Toba juga punya pontesi tempat hiking dan trekking dengan berbagai pilihan rute dan tingkat kesulitan. Kamu bisa mengambil jalur Taman Eden, Pusuk Buhit dan Gunung Spiso-piso. Sedangkan untuk hiking jarak dekat, bisa memilih rute seperti Bukit Holbung dan Danau Aek  Natonang. Ketika mencapai pemandangan Danau Toba dari ketinggian yang dicapai usai hiking tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

Olahraga lain juga bisa dilakukan sekitar Danau Toba dengan bersepeda mengelilingi Pulau Samosir. Ada juga spot potensi spot paragliding yang bisa dinikmati sambil memandangi keindahan danau dari ketinggian. 

2.  Borobudur

Dengan cakupan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak titik wisata menarik. Di antaranya Candi Borobudur Magelang merupakan candi terbesar di dunia. 

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam pedesaan sambil menjalani berbagai kegiatan. Seperti pembuatan gerabah dan batik tulis, keliling desa dengan sepeda onthel hingga berburu biji kopi. 

Nantinya dikawasan Borobudur juga akan dikembangkan wisata kebugaran (wellness) Yogyakarta diunggulkan untuk tradisional pijat ala Solo berpotensi menjadi destinasi wisata herbal dengan aneka  aroma terapi yang kamu dapatkan. 

3. Labuan Bajo

Kawasan Bajo yang berada di kawasan Flores, Nusa Tenggara Timur. Ada banyak cara untuk menikmatinya baik dengan boat tour dan land tour. Di puncak Waringin pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan pemandangan deretan kapal-kapal di Labuan Bajo dari ketinggian. 

Opsi lainnya berlayar atau live on-board dari kapal pinisi dan berkeliling ke pulau-pulau terdekat seperti Pulau Pasar, Pulau Kelor dan Gili Lawa. 

Sirkuit Mandalika. (Tangkapan Layar via website itdc.co.id)

4. Mandalika

Mandalika di kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) memang dkenal dengan surga proyeksi gelara kompetisi olahraga nasional.

Dari segi pontesi wisata bahari, pantai Mandalika punya pantai-pantai yang indah. Ada pantai Kuta, Pantai Mandalika, Pantai Mawi, Pantai Mawun, Pantai Semeti, Pantai Selong Belanak. Tak hanya pemandangan indah, pantai ini juga jadi favorit para  peselancar dan bisa menjadi spot untuk olahraga air. 

Selain wisata alam dan tempat olahraga yang dimiliki Mandalika, wisatawan bisa melihat  kesenian dan kearifan lokal seperti seni tari, seni musik dan seni ketangkasan bela diri menikmati kuliner tradisional atau kerajinan tenun di Desa Rembitan Sade, Desa Sukarara, Desa Tetebatu Selatan.

5. Likupang 

Terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara punya ekosistem bawah laut yang masih dalam kondisi baik dan asri. 

Aktivitas wisata berbasis air lainnya seperti jet ski dan banana boat hingga island hopping juga bisa jadi pilhan. 

Pulau-pulau sekitar Likupang seperti Pulau Lihaga, Pulau Gangga,  Bangka, dan Lembeh ialah pantai-pantai yang indah dan banyak spot untuk diving dengan pesona bawah laut. 

Sementara di Likupang sendiri sendiri sejumlah pantai seperti Paal dan Pulisan. Di Pulau-pulau kecil di sekitar Likupang ada resor-resor menawarkan wisatawan pengalaman berbasis bahari yang tenang asri dan cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk suasana kota. 

Kawasan Likupang dan Sulawesi Utara juga memiliki khas kuliner yang khas seperti ikan cakalang suwir pedas, sambal roa, bubur Manado dan berbagai hasil tangkapan ikan laut.

Sesi latihan pada Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara. (Ist)

Kasus Covid-19 meningkat

Kasus Covid-19 yang meningkat dan beberapa penyakit lain di beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, dan China membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif (Menparekraf) Sandia Uno mengimbau masyarakat Indonesia untuk berlibur di dalam negeri saja.

“Mengimbau masyarakat untuk berwisata di Indonesia saja. Karena di Singapura dan beberapa destinasi ada merebak kasus penyakit, seperti Covid-19 di Singapura naik dua kali lipat,” kata Sandiaga dalam acara media brief with Sandi Uno.

Sandiga juga mengingatkan warga RI untuk memakai masker. Karena dia menemukan beberapa koleganya sudah batuk-batuk. “Nggak ada salahnya memakai masker lagi untuk menjaga kesehatan kita,” tambahnya.

(spt/roy)

No more pages