Logo Bloomberg Technoz

Populix: Gen Z Belanja karena FOMO

Muhammad Fikri
08 December 2023 00:40

Suasana pameran Global Sources Electronics Indonesia (GSEI) di JCC, Jakarta, Rabu (6/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana pameran Global Sources Electronics Indonesia (GSEI) di JCC, Jakarta, Rabu (6/12/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Head of Research Populix Indah Tanip menyatakan bahwa kalangan muda yang berasal dari Gen Z memiliki kebiasaan berbelanja berlandaskan Fear Of Missing Out (FOMO). Sikap ini berbeda dengan kalangan muda milenial atau Gen Y, yang cenderung lebih stabil.

"Ternyata Point of View dari Gen Z dan Milenial itu berbeda" ucap Indah Tanip pada Populix Outlook Report: Indonesia Digital Economy in 2024 di Jakarta, Kamis (07/12/2023). Gen Z punya kebiasaan berbelanja yang lebih impulsif dan bersifat untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup (lifestyle).

"Karena mereka [Gen Z] tidak mau ketinggalan tren, ketika mereka berbelanja itu akan lebih impulsif" ucap Indah. Sedangkan kalangan muda Milenial lebih matang dan juga lebih stabil dari sisi pendapatan maupun pengeluaran.

"Milenial dengan usia yang lebih matang, mungkin sudah berkeluarga, dan memiliki pendapatan yang tetap, mereka itu lebih stabil" ucap Indah.

"Jadi mereka [kalangan muda milenial] itu berbelanja itu sudah jelas setiap tanggal berapa, kemudian yang mau mereka belikan itu produk-produk seperti apa," tegas dia seraya menyatakan kalangan ini masih menyisihkan penghasilan untuk ditabung.