Logo Bloomberg Technoz

Indeks Stoxx Europe 600 naik sekitar 0,2%, berada di jalur untuk bulan terbaiknya sejak Januari.

Saham BASF memimpin kenaikan untuk sektor kimia setelah Bloomberg News melaporkan bahwa Abu Dhabi National Oil sedang menjajaki akuisisi unit Wintershall Dea. Sementara itu, futures saham AS sedikit berubah.

"Sepertinya yang terburuk untuk ekonomi wilayah euro mungkin sudah berada di belakang kita," kata Karsten Junius, kepala ekonom di Bank J. Safra Sarafin. "Dinamika ekonomi tidak memburuk lebih lanjut dan mungkin akan stabil pada tingkat rendah. Ini mungkin menyediakan dasar untuk konsumsi swasta yang sedikit lebih kuat dalam kuartal mendatang."

Indikator ekspektasi bisnis di ekonomi terbesar wilayah euro naik untuk bulan ketiga pada bulan November, menunjukkan pemulihan yang akan datang untuk ekonomi yang mungkin dalam resesi dan dilanda krisis anggaran.

Data tentang output ekonomi sebelumnya telah menyoroti sulitnya Jerman untuk pulih dari penurunan yang dipicu harga energi musim dingin lalu dan dampak meningkatnya bunga.

Sementara itu, pasar saham di Asia hari ini cenderung bervariasi. Indeks saham Hong Kong dan China daratan turun, membalikkan reli Kamis yang didorong oleh upaya penyelamatan properti China. Indeks Jepang naik setelah libur nasional, sementara saham Australia juga mengalami kenaikan.

(bbn)

No more pages