Logo Bloomberg Technoz

Meski demikian, pasar keuangan terus memperhitungkan risiko yang terkait dengan rencana Milei. Bank-bank Argentina hanya memperpanjang 40% dari 2,7 triliun peso instrumen utang yang ditawarkan oleh bank sentral dalam lelang Rabu.

Aset sebaliknya relatif tenang, dengan peso sedikit tergelincir menjadi sekitar 880 per dolar di pasar swap blue-chip tidak resmi yang digunakan orang Argentina untuk menghindari kontrol mata uang.

Saham lokal dan obligasi dolar menguat karena investor bertaruh bahwa perbaikan radikal Milei adalah taruhan terbaik untuk menghidupkan kembali perekonomian dan keuntungan perusahaan Argentina.

Indeks acuan Merval ditutup naik 23%. Obligasi negara yang jatuh tempo pada tahun 2030 naik 1,3 sen per dolar, menurut harga indikatif yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Milei adalah capres memanfaatkan kemarahan publik atas inflasi yang merajalela untuk meraih kemenangan dan ia telah berhasil menenangkan para skeptis yang khawatir bahwa janjinya untuk merobek dan membuat ulang sistem akan membawa kekacauan di masa depan.

Dalam pidato sejak kemenangannya, Milei berusaha menenangkan pasar, menjanjikan bahwa pemerintahannya akan memenuhi kewajiban utangnya, dan dia berusaha menghilangkan kekhawatiran tentang pemerintahan.

Selama kampanyenya, Milei memenangkan hati orang Argentina dan investor dengan menjanjikan perombakan ekonomi yang radikal, dengan proposal khas untuk menghapus peso dan menggantinya dengan dolar AS setelah nilai mata uang lokal itu anjlok 90% selama empat tahun terakhir.

Tetapi masalahnya adalah bagaimana menjaga perekonomian tetap berjalan selama transisi. Milei belum mengungkapkan langkah-langkah spesifik dan jadwal yang akan diperlukan untuk peralihan atau menjelaskan secara rinci bagaimana dia akan memangkas defisit anggaran negara yang besar.

"Kami cenderung bergerak menuju ketidaktahuan," kata Alberto Ramos, kepala ekonom untuk Amerika Latin di Goldman Sachs Group.

Proses yang tidak teratur berisiko memicu hiperinflasi dan transisi yang bergejolak untuk menggunakan mata uang baru, yang dapat merusak Milei dan ide-idenya untuk perombakan ekonomi radikal.

"Ada kemungkinan ini berhasil, tetapi ada banyak tantangan," kata Gorky Urquieta, co-head tim utang pasar negara berkembang di Neuberger Berman. "Ini akan menjadi tindakan yang penuh risiko, tetapi saya pikir pasar akan memberinya ruang."

Para pimpinan bank tidak memperkirakan devaluasi besar nilai tukar resmi dalam beberapa hari mendatang, tetapi khawatir tentang potensi kekacauan jika gelombang penarikan tunai terwujud, menurut para sumber yang mengetahui langsung masalah ini.

(bbn)

No more pages