Logo Bloomberg Technoz

Efek Alibaba Batal Spin Off Cloud: Saham & Harta Jack Ma Drop

News
18 November 2023 08:30

Ilustrasi Alibaba.. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Alibaba.. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Saham Alibaba Group Holding Ltd  anjlok sebanyak 10% setelah membatalkan pemisahan bisnis cloud raksasa akibat pengetatan pembatasan cip oleh pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk China. Pada bagian lain nilai kekayaan Jack Ma juga turun sekitar US$683 juta (sekitar Rp10,65 triliun).

Saham Alibaba langsung drop pada posisi terendah US$78,2 pada awal perdagangan di Bursa New York, Jumat waktu setempat. Posisi Alibaba menjadi penuh keraguan usai pengumuman perombakan bisnis mereka beberapa bulan lalu.

Alibaba sebagai pimpinan di industri e-commerce China bilang telah “mengatur ulang” dan memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana spin off  divisi layanan cloud-nya.

Kini Alibaba akan fokus pengembangan unit secara organik, Perusahaan juga akan membagikan dividen tahunan pertamanya sebesar US$2,5 miliar, dengan maksud menenangkan para pemegang saham yang berharap akan mendapatkan keuntungan besar dari debut unit ini.

Keputusan ini diambil ketika Alibaba mencoba untuk bangkit kembali dari Covid-19 dan tindakan keras di sektor teknologi. Alibaba berupaya memenangkan kembali para pedagang dan pembeli yang tertarik pindah ke kompetitor,  PDD Holdings Inc. dan pendatang baru seperti Douyin dari ByteDance Ltd.