Logo Bloomberg Technoz

Google Maps Nonaktifkan Kondisi Lalu Lintas di Israel & Gaza

News
24 October 2023 09:05

Ilustrasi Google Maps. (Dok: Perusahaan)
Ilustrasi Google Maps. (Dok: Perusahaan)

Marissa Newman - Bloomberg News

Bloomberg, Google menonaktifkan kondisi lalu lintas secara real-time di Israel dan Jalur Gaza untuk aplikasi Maps dan Waze atas permintaan militer Israel, menjelang kemungkinan invasi darat ke Gaza.

"Seperti yang pernah kami lakukan sebelumnya dalam situasi konflik dan sebagai respons terhadap perkembangan situasi di wilayah tersebut, kami sementara menonaktifkan kemampuan untuk melihat kondisi lalu lintas langsung dan informasi keramaian dengan mempertimbangkan keselamatan komunitas setempat," kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

Menurut sumber anonim yang mengetahui masalah ini, Google menghapus data kerumunan orang secara real-time di Israel dan Gaza atas permintaan Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF). Informasi lalu lintas langsung dapat mengungkapkan pergerakan pasukan Israel.

Perusahaan ini mengambil tindakan serupa di Ukraina tahun lalu setelah invasi Rusia ke negara tersebut, dengan menonaktifkan data lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki secara real-time.