Logo Bloomberg Technoz

“Imunitas memungkinkan diplomat melakukan pekerjaan mereka tanpa rasa takut akan pembalasan atau penangkapan dari negara tersebut,” kata Joly. 

“Jika kita membiarkan norma kekebalan diplomatik dilanggar, tidak ada diplomat di mana pun di dunia yang akan aman. Jadi karena alasan ini, kami tidak akan membalasnya.”

Dengan jumlah staf yang lebih sedikit, Kanada harus menghentikan semua layanan tatap muka di konsulatnya di Chandigarh, Mumbai dan Bangalore, namun mereka yang membutuhkan bantuan konsuler masih dapat menghubungi melalui email atau telepon atau mengunjungi kedutaan di New Delhi, katanya.

India telah meminta agar Kanada mengurangi kehadiran diplomatiknya agar setara dengan jumlah orang India yang memiliki kekebalan diplomatik di Kanada. Pemerintah Kanada berharap untuk menegosiasikan hasil yang berbeda: Joly mengatakan pada awal bulan ini bahwa pada saat terjadi ketegangan, kehadiran diplomat di lapangan menjadi hal yang lebih penting dari sebelumnya.

Menghapus kekebalan secara sepihak merupakan pelanggaran terhadap konvensi Wina mengenai hubungan diplomatik, kata Joly.

India merupakan negara dengan jumlah penduduk tetap, pekerja asing sementara, dan pelajar internasional terbanyak di Kanada pada tahun lalu. Menteri Imigrasi Marc Miller mengatakan Kanada akan terus menerima imigran India, namun berkurangnya jumlah staf akan berarti pemrosesan permohonan visa menjadi lebih lambat, setidaknya dalam jangka pendek hingga menengah.

(bbn)

No more pages