Logo Bloomberg Technoz

Investor Kurang Suka dengan Program BLT di Thailand

News
11 October 2023 15:35

Srettha Thavisin. (Sumber: Bloomberg)
Srettha Thavisin. (Sumber: Bloomberg)

Anuchit Nguyen dan Ian Sayson - Bloomberg News

Bloomberg, Tekanan dari pasar keuangan kepada Perdana Menteri (PM) Thailand semakin meningkat, agar ia mengubah arah terkait rencana pengeluaran besar-besarannya. Hal ini seiring dengan meningkatkan kekhawatiran bahwa pemerintah akan meningkatkan pinjaman secara signifikan untuk membiayai stimulus.

Dana asing sekitar US$1,5 miliar atau setara Rp23,5 triliun dari obligasi dan saham Thailand telah ditarik sejak September. Di sisi lain, mantan gubernur bank sentral telah bergabung dengan kelompok yang menyerukan pemerintah Srettha Thavisin untuk membatalkan janji membagikan uang tunai sebesar 560 miliar baht atau setara Rp241 trilun kepada warga Thailand. Ini merupakan janji utama partainya, Pheu Thai, sebelum pemilu.

Somjin Sornpaisarn, Presiden Asosiasi Pasar Obligasi Thailand mengatakan tanpa kejelasan lebih lanjut tentang bagaimana Srettha, yang mengambil alih kekuasaan pada 5 September sebagai kepala koalisi, akan membiayai pengeluaran tersebut, investor asing tidak akan kembali dalam waktu dekat. 

Pemerintah telah berencana memperluas defisit anggarannya dan meningkatkan peminjaman hampir sebesar 8% untuk tahun fiskal saat ini, dengan departemen pengelolaan utang mengurangi penjualan obligasi jangka panjang untuk meredakan kekhawatiran investor.

Penjualan obligasi dan saham Thailand oleh investor. (Sumber: Bloomberg)