Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, seluruh penduduk ibu kota Wilayah Barat Laut Yellowknife, sekitar 22.000 orang, terus mengungsi dengan batas waktu evakuasi yang ditetapkan pukul 12 malam waktu setempat. Pejabat wilayah tersebut, yang mengumumkan keadaan darurat awal pekan ini, mengatakan pada Jumat malam bahwa sekitar 19.000 penduduk telah diusir dari kota.

Perubahan iklim telah membuat panas dan kekeringan menjadi lebih ekstrem, menyebabkan kebakaran hutan yang lebih hebat secara global dari Hawaii hingga pulau Rhodes di Yunani. Di Kanada, jumlah kebakaran dan total area yang terbakar jauh di atas rata-rata sepanjang tahun ini, setelah membakar area yang lebih luas dari Yunani.

Selama beberapa bulan terakhir, kebakaran hutan telah mengganggu produksi minyak dan gas di Alberta dan mengirimkan asap yang mencekik ke Toronto, Ottawa, dan sebagian AS, termasuk New York City.

Pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk membantu upaya evakuasi dan pemadaman kebakaran karena kebakaran hutan tetap “sangat aktif dan tidak dapat diprediksi,” kata para pejabat pada pengarahan pada hari Jumat. Tingkat kerusakan tidak sepenuhnya diketahui.

Kebakaran hutan di Kanada. (Sumber: Bloomberg)


British Columbia

Di British Columbia, perintah evakuasi dikeluarkan untuk sebagian besar kota West Kelowna, yang terletak di seberang Danau Okanagan. Seluruh kota Kelowna, dengan populasi sekitar 150.000 orang, dalam keadaan siaga dan evakuasi juga dimulai ke utara kota.

Gambar satelit menunjukkan peningkatan aktivitas kebakaran hutan di provinsi Kanada Barat, dan video serta foto dari daerah tersebut menunjukkan kebakaran besar yang melahap pepohonan dan beberapa bangunan, angin kencang mengipasi api, dan langit dipenuhi asap.

Penerbangan di Bandara Internasional Kelowna dibatalkan pada hari Jumat, setelah wilayah udara di sekitar area tersebut ditutup untuk memungkinkan aktivitas pemadam kebakaran udara.

Sementara wilayah tersebut digunakan untuk kebakaran, British Columbia mengalami musim kebakaran paling merusak yang pernah tercatat, dengan wilayah yang hampir seluas New Jersey telah terbakar.

Pekan ini menandai peringatan 20 tahun Kebakaran Taman Gunung Okanagan pada 2003, yang menghancurkan ratusan rumah di selatan Kelowna tetapi berhenti sebelum mencapai kota.

Wilayah Barat Laut

Sementara itu, peta Wilayah Barat Laut menunjukkan ratusan kebakaran hutan termasuk yang terjadi di utara, barat dan timur Yellowknife, yang berada di pantai utara Great Slave Lake, sekitar 400 kilometer (250 mil) selatan Lingkaran Arktik. Di seberang danau, evakuasi sebelumnya di kota Sungai Hay sebelumnya telah mengirim beberapa pengungsi ke Yellowknife.

Orang-orang berbaris di jalan-jalan kota Utara selama berjam-jam, menunggu untuk mendapatkan 22 penerbangan evakuasi yang dijadwalkan pada Jumat, sementara mobil macet di satu-satunya jalan raya keluar dari ibu kota. Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan telah memindahkan beberapa ribu orang melalui udara pada akhir Jumat.

Pejabat saat ini bekerja untuk mencegah wabah kebakaran lebih lanjut dan melindungi infrastruktur penting di kota Yellowknife, dan pesawat militer dikerahkan untuk mengevakuasi orang dari rumah sakit dan penghuni fasilitas perawatan jangka panjang.

Keputusan Meta Platforms Inc. untuk mengakhiri ketersediaan berita di Facebook dan Instagram di Kanada telah mencegah beberapa pengungsi berbagi artikel di platform media sosial mereka.

Seorang juru bicara Meta mengatakan dalam email bahwa Facebook mengaktifkan "Pemeriksaan Keamanan" pada Kamis untuk kebakaran hutan Yellowknife agar memungkinkan pengguna "memberi tahu teman dan keluarga mereka bahwa mereka aman" dan untuk "mengakses pembaruan dari sumber yang memiliki reputasi baik."

(bbn)

No more pages