Logo Bloomberg Technoz

2024 Ada Halving Day, Bitcoin Berpotensi Cetak All Time High

Muhammad Julian Fadli
11 August 2023 16:00

Bitcoin (Sumber: Bloomberg)
Bitcoin (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Industri aset kripto yang identik dengan volatilitas tinggi, disertai potensi keuntungan yang amat menarik, ternyata menyimpan fenomena yang sangat dinantikan, yaitu ‘Halving Day’. Halving dipercaya menjadi kunci kesuksesan para investor aset kripto. 

Adapun Halving Day merupakan peristiwa di mana hadiah atau Reward Block dalam protokol aset kripto mengalami pengurangan setengahnya atau setara dengan 50%. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah koin baru yang dibuat sebagai hadiah bagi penambang (miners) akan dikurangi separuhnya.

Halving Day digencarkan pertama kali oleh Bitcoin, yang merupakan aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Halving Day pertama yang terjadi pada Bitcoin yaitu pada 2012 yang ditandai dengan pengurangan reward bagi para penambang menjadi 25 Bitcoin.

Kemudian, pada Halving Day kedua terjadi pada 2016, reward berkurang menjadi hanya 12,5 Bitcoin (50% dari 25 Bitcoin pada 2012). Halving Day yang ketiga pada Mei 2020, reward para penambang dikurangi menjadi 6,25 Bitcoin.

Bila kedepannya pola yang sama terjadi maka Halving Day selanjutnya menjadi 3,125 Bitcoin, yang akan terjadi pada 2024 mendatang.