Logo Bloomberg Technoz

Syarat Saldo Untuk Jadi Nasabah Prioritas Bank BCA, Mandiri & BRI

Referensi
19 July 2023 06:14
Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri
Ilustrasi Bank BRI, BCA dan Bank Mandiri

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam dunia perbankan, menjadi nasabah prioritas dapat memberikan sejumlah keuntungan dan fasilitas yang tidak diperoleh oleh nasabah reguler. Banyak orang tertarik untuk menjadi nasabah prioritas di bank-bank terkemuka seperti BCA, Bank Mandiri, dan BRI. 

Namun, pertanyaannya adalah, berapa saldo yang diperlukan untuk memenuhi syarat menjadi nasabah prioritas di bank-bank tersebut? Artikel ini akan menjelaskan syarat-syarat menjadi nasabah prioritas di BCA, Bank Mandiri, dan BRI serta membahas kebutuhan saldo yang harus dipenuhi.

Nasabah Prioritas: Mendapatkan Layanan Istimewa di Bank

Nasabah prioritas merupakan nasabah bank yang mendapatkan layanan istimewa atau diutamakan daripada yang lain. Nasabah Prioritas akan mendapatkan pelayanan khusus yang tidak didapatkan oleh nasabah biasa, seperti kemudahan dalam antrian saat mendapatkan layanan di bank. Selain itu, nasabah prioritas akan dilayani di ruangan khusus yang nyaman serta disuguhi makanan atau minuman ringan. Nasabah prioritas juga dapat memperoleh proses pengajuan kredit yang lebih cepat dengan promo bunga spesial.

Syarat Menjadi Nasabah Prioritas di Bank BRI, Bank Mandiri dan Bank BCA

Untuk menjadi nasabah prioritas, setiap bank memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Meskipun demikian, secara umum, bank menetapkan persyaratan nasabah harus memiliki dana simpanan minimum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pertumbuhan Nilai Simpanan Nasabah Prioritas

Saat ini, terlihat peningkatan nilai simpanan nasabah prioritas di sektor perbankan Indonesia. Hal ini terungkap dari laporan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menunjukkan pertumbuhan simpanan nasabah dengan nilai di atas Rp5 miliar tumbuh sebesar 8,6 persen year-on-year (yoy).

Jenis simpanan ini juga mendominasi dana pihak ketiga (DPK) perbankan dengan nilai mencapai Rp4.232 triliun, atau setara dengan 52,6 persen dari total simpanan bank senilai Rp8.050 triliun.

Syarat Saldo Minimum Nasabah Prioritas di BCA, Bank Mandiri, dan BRI

Berikut ini adalah syarat saldo minimum untuk menjadi nasabah prioritas di BCA, Bank Mandiri, dan BRI:

Bank BCA

Gedung Bank Central Asia ( Dok BCA )

Bank BCA adalah salah satu bank terbesar di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1957. Sebagai bank swasta nasional pertama, Bank BCA telah menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan perbankan mereka. 

Sejarah Singkat Bank BCA

Sebelum bernama Bank BCA, bank ini awalnya bernama Bank Central Asia NV dan berdiri pada tanggal 21 Februari 1957 di Jakarta. Pada awalnya, Bank BCA hanya menyediakan layanan tabungan dan pinjaman untuk masyarakat Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, Bank BCA semakin berkembang dan menawarkan berbagai layanan perbankan, termasuk kartu kredit dan layanan perbankan syariah. Saat ini, Bank BCA telah menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan cabang di seluruh wilayah Indonesia.

Saldo Minimum Jadi Nasabah Prioritas Bank BCA

Dalam informasi yang dilansir dari situs prioritas.bca.co.id, BCA telah menerapkan ketentuan baru untuk keanggotaan BCA Prioritas mulai tanggal 1 Mei 2023.

Nasabah diharuskan memiliki total rata-rata saldo simpanan (tabungan+ giro+ deposito) dan investasi selama 3 bulan terakhir minimal sebesar Rp1 miliar. Selain itu, nasabah juga tidak termasuk dalam kategori non-performing loan (NPL), yang berarti tidak memiliki kredit bermasalah di Bank BCA.

Bank BCA berhak mengakhiri status keanggotaan BCA Prioritas apabila nasabah dikenakan biaya layanan BCA Prioritas sebanyak 6 kali dalam periode 12 bulan. Agar terhindar dari biaya layanan tersebut, nasabah prioritas BCA harus memenuhi total rata-rata saldo simpanan dan investasi yang telah ditentukan.

Keanggotaan BCA Prioritas juga akan berakhir jika tingkat kolektibilitas kredit nasabah menurun menjadi "Kurang Lancar," "Diragukan," dan "Macet," serta jika nasabah terjerat dalam kasus pidana dan telah ditetapkan sebagai terpidana.

Bank Mandiri

Gedung Bank Mandiri (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998 sebagai hasil dari penggabungan empat bank milik negara: Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim, dan Bank Pembangunan Indonesia. Sebagai bank terbesar di Indonesia, Bank Mandiri bertanggung jawab atas sebagian besar perputaran uang di Indonesia.

Saldo Minimum Jadi Nasabah Prioritas Bank Mandiri

Bank Mandiri menyediakan layanan Mandiri Prioritas yang merupakan layanan istimewa bagi nasabah Bank Mandiri dengan dana perseroan minimal antara Rp1 miliar hingga Rp20 miliar.

Untuk menjadi anggota Mandiri Prioritas, nasabah harus memenuhi persyaratan berikut:

- Memiliki total penempatan dana minimal Rp1 miliar atau setara, baik pada Dana Pihak Ketiga (DPK), yaitu Tabungan, Giro, Deposito, dan/atau pada produk Investasi yang tersedia dan ditawarkan oleh Bank Mandiri.

- Memiliki rekening perseorangan Tabungan atau Giro Rupiah.

- Mengisi dan menandatangani Formulir Mitra Utama (FMU).

Bank BRI

Ilustrasi Bank BRI. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia dengan layanan yang lengkap dan terintegrasi. Bank ini memiliki sejarah panjang dan banyak pengalaman dalam melayani masyarakat Indonesia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang sejarah, layanan, dan keunggulan Bank BRI.

Sejarah Bank BRI

Bank BRI didirikan pada 16 Desember 1895 dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Tabungan untuk Kepala-Kepala Pribumi di Purwokerto. Bank ini didirikan untuk membantu masyarakat pribumi dalam mengembangkan ekonomi mereka. Pada 1946, bank ini berganti nama menjadi Bank Rakyat Indonesia. Bank BRI telah berperan penting dalam perekonomian Indonesia selama lebih dari 125 tahun.

Saldo Minimum Jadi Nasabah Prioritas Bank Mandiri

Dalam informasi yang dilansir dari situs resmi BRI, jumlah nasabah prioritas BRI tercatat sekitar 60.000 nasabah yang tersebar di beberapa kota, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan lainnya.

BRI telah menyediakan Sentra Layanan Prioritas (SLP) khusus bagi nasabah prioritasnya. Nasabah akan mendapatkan ruang pelayanan yang lebih nyaman dengan layanan khusus dari petugas BRI.

Selain itu, BRI juga sering menawarkan penawaran istimewa bagi nasabah prioritas, termasuk harga spesial untuk safe deposit box dan batas transaksi yang lebih tinggi.

Untuk menjadi nasabah prioritas BRI, nasabah perlu memiliki saldo tabungan sebesar Rp500 juta. Syarat ini lebih rendah dibandingkan dengan syarat minimum nasabah prioritas di BCA dan Bank Mandiri.

Dengan menjadi nasabah prioritas, Anda dapat menikmati layanan perbankan yang istimewa dan mendapatkan berbagai keuntungan yang tidak diperoleh oleh nasabah biasa. Jika Anda memenuhi persyaratan dan syarat saldo minimum yang ditetapkan oleh bank-bank tersebut, segera daftarkan diri Anda sebagai nasabah prioritas dan nikmati pengalaman perbankan yang lebih baik.

(seo)