Logo Bloomberg Technoz

Tunda Balik, Instansi Pemerintah Diminta Tunda Acara Lebaran

Fransisco Rosarians Enga Geken
24 April 2023 21:30

Menko Polhukam Mahfud MD saat konferensi pers di kantornya, Jakarta (YouTube Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD saat konferensi pers di kantornya, Jakarta (YouTube Kemenko Polhukam)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh instansi pemerintah untuk menunda kegiatan halalbihalal yang awalnya akan digelar 26-28 April 2023. Hal ini sebagai lanjutan dari imbauan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memecah arus balik yang diprediksi akan mencapai puncak pada hari terakhir cuti bersama, Selasa (25/4/2023).

Surat Menteri PANRB nomor B/480/M.KT.01/2023 tersebut meminta seluruh acara tersebut dipindah hingga Selasa (2/5/2023) atau setelahnya.

"Dalam rangka meningkatkan kelancaran mobilitas masyarakat pasca libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah, diimbau agar instansi pemerintah jika merencanakan kegiatan halalbihalal untuk ditunda sampai awal pekan kedua setelah Hari Raya Idul Fitri 1444 H," kata Menteri PAN RB ad intern, Mohammad Mahfud atau Mahfud MD dalam rilisnya, Senin (24/4/2023).

Saat ini, Mahfud memang menjalankan beberapa tugas Menteri PAN RB Azwar Anas yang sedang menjalani ibadah Umrah dan merayakan lebaran di Tanah Suci, Arab Saudi.

Menurut dia, surat imbauan ini memang ingin meningkatkan kelancaran mobilitas masyarakat pada arus balik. Semua aparatur negara segera fokus menjalankan tugas pelayanan sesuai bidang masing-masing.