Logo Bloomberg Technoz

Jasa Marga Gratiskan Dua Tol Fungsional Selama Mudik

Rezha Hadyan
07 April 2023 07:10

Gerbang Tol Cikampek Utama. (Dok. Jasamarga)
Gerbang Tol Cikampek Utama. (Dok. Jasamarga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Subakti Syukur mengatakan akan menggratiskan tarif di dua ruas tol Trans Jawa yang akan beroperasi secara fungsional selama masa arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.  

Pertama, Tol Jakarta-Cikampek II (Japek Selatan) dengan dua opsi, yakni dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km dan Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 km. Kedua, Tol Solo–Yogyakarta dari Kartasura (GT Colomadu) hingga Jl. Sawit sepanjang 6 Km, serta menyiapkan fungsional akses KM 99 Jalan Tol Cipularang dan pengoperasian fungsional akses KM 149 Jalan Tol Padaleunyi.

"Jalan fungsional ini disiapkan untuk memecah kepadatan di Kartasura atau Kandang Menjangan. Pertigaan bertemunya kendaraan dari arah Solo, Semarang, dan Yogyakarta. Nantinya, kendaraan dari GT [Gerbang Tol] Colomadu tidak perlu melewati pertigaan tersebut untuk menuju Yogyakarta," katanya dalam sebuah forum diskusi yang digelar di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Subakti menyebut kondisi ruas fungsional tersebut sudah layak untuk dilewati oleh kendaraan kecil. Ruas tersebut hanya akan dioperasikan mulai H-7 hingga H+7 Lebaran 2023 secara terbatas atau situasional.

"Ruas ini hanya beroperasi pada arus balik. Untuk opsi pertama kendaraan akan keluar Jalan Industri kemudian diarahkan untuk masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek. Opsi kedua, kendaraan keluar di Jalan Raya Pangkalan masuk kembali melalui GT Karawang Barat," paparnya.