Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Pastikan Pilkada Serentak Tetap November 2024

Mis Fransiska Dewi
08 May 2024 17:20

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Depok, 7 Mei 2024. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Depok, 7 Mei 2024. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tetap dilaksanakan pada November 2024. Jokowi membantah Pilkada serentak kembali dimajukan ke September mendatang.

"Enggak ada, enggak ada. Sampai saat ini tidak ada yang namanya untuk percepatan atau pemajuan pilkada," ujar Jokowi dalam pernyataannya di Pasar Baru Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga pernah menegaskan bahwa jadwal Pilkada Serentak 2024 kemungkinan besar tidak akan berubah tanggalnya, yaitu tetap pada 27 November 2024.

Mantan Kapolri itu memang membenarkan sempat ada wacana pelaksanaan pilkada serentak untuk dipercepat. Pertimbangannya supaya pelantikan kepala daerah terpilih tidak jauh dari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yang dijadwalkan pada 20 Oktober 2024.

Jika pilkada tetap dilaksanakan pada 27 November, kata Tito, ketika ada sengketa hasil, pelantikannya bisa tertunda dua hingga tiga bulan. Artinya, bisa molor hingga Januari atau Februari 2025. Dengan demikian, ada jarak cukup panjang dengan pelantikan presiden dan wakil presiden.