Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Soal Rencana Kenaikan HET Minyakita: Sedang Beproses

Pramesti Regita Cindy
25 April 2024 14:20

MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)
MinyaKita di Pasar Murah Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Rezha Hadyan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyebut tengah memproses perubahan harga eceran tertinggi (HET) Minyakita, yang sekarang ditetapkan Rp14.000/liter, setelah momentum Lebaran 2024.

"Sedang berjalan [pembahasan HET Minyakita]," jelas Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim, ketika ditemui di kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2024).

Isy mengakui pembahasan HET Minyakita memang membutuhkan cukup waktu, sehingga dia menegaskan hal ini juga memerlukan proses harmonisasi dengan berbagai pihak kementerian/lembaga (k/l) terkait pembahasan tersebut.

Sebelumnya Kemendag telah menyatakan masih mengkaji dampak dari skema kenaikan HET Minyakita per liter. Dengan kata lain, otoritas perniagaan belum bisa memastikan apakah bakal menaikan HET Minyakita yang saat ini ditetapkan pada level Rp14.000/liter sehabis momentum Hari Raya.

Di sisi lain, Plt Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto mengatakan harga pasaran Minyakita saat ini berada pada kisaran yang bisa ditoleransi, yakni Rp14.000/liter hingga Rp14.5000/liter. Dengan demikian, perubahan HET dinilai tidak perlu dilakukan, khususnya pascapenyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.