Logo Bloomberg Technoz

Indeks aktivitas non-manufaktur naik menjadi 53 di Maret, dibandingkan dengan perkiraan 51,5. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dari bulan sebelumnya, sementara angka di bawahnya menunjukkan kontraksi.

PMI non-manufaktur juga menunjukkan "perusahaan-perusahaan memiliki kepercayaan diri dan ekspektasi yang relatif kuat untuk bisnis di masa depan," kata Bruce Pang, kepala ekonom untuk Greater China di Jones Lang LaSalle Inc.

Hidupkan Kembali Harapan

Ekspor pada periode Januari-Februari telah menghidupkan kembali harapan akan pemulihan ekonomi yang lebih luas, melonjak 7,1% dari tahun sebelumnya. Lemahnya permintaan dari mitra-mitra ekonomi utama, dan meningkatnya sanksi dan pembatasan terhadap produk-produknya telah membuat perdagangan China mengalami penurunan pada tahun lalu.

Pilar ekonomi yang dulunya merupakan pilar utama kini menghadapi tingkat pembatasan perdagangan yang "membingungkan", Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan bulan lalu.

China telah mencoba untuk meningkatkan belanja domestik dan berjanji untuk menyediakan dana pemerintah untuk mendorong konsumen dan perusahaan-perusahaan untuk mengganti barang-barang lama, termasuk mobil, peralatan rumah tangga, dan peralatan lainnya, yang seharusnya menjadi keuntungan bagi perusahaan-perusahaan industri. Namun, pemerintah belum mengumumkan rincian seperti nilai bantuan fiskal tersebut.

Harga-harga konsumen naik di Februari untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir, sementara tingkat pengangguran di perkotaan naik menjadi 5,3% dari 5,1% di Desember, yang mencerminkan pasar tenaga kerja yang suram membebani permintaan domestik.

Sektor properti tetap menjadi hambatan utama bagi perekonomian, dengan investasi yang turun 9% dan penjualan rumah yang anjlok 33% dari nilai pada periode Januari-Februari dari tahun sebelumnya.

China Vanke Co, yang pernah menjadi pengembang terbesar di negara ini, mengatakan bahwa laba bersihnya anjlok 46% tahun lalu, penurunan terbesar sejak terdaftar pada tahun 1991. Country Garden Holdings Co, yang pernah menjadi pembangun perumahan terbesar di negara ini berdasarkan penjualan, mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan melewatkan tenggat waktu untuk melaporkan hasil tahunan, dengan mengatakan bahwa mereka membutuhkan lebih banyak informasi.

Kesengsaraan mantan raksasa properti ini memberikan gambaran sekilas mengenai musim pendapatan terburuk di sektor ini karena kemerosotan real estat memasuki tahun keempat, mengikis neraca bank-bank negara terbesar karena kredit macet yang meningkat.

Pemerintah telah meningkatkan upaya-upaya untuk menarik investor asing. Presiden Xi Jinping minggu lalu mengatakan kepada sekelompok pemimpin bisnis AS di Beijing bahwa ekonomi negara ini masih memiliki ruang untuk tumbuh, menurut seseorang yang mengetahui masalah ini, yang tidak ingin disebutkan namanya.

Xi bertemu dengan Stephen Schwarzman dari Blackstone Inc, Cristiano Amon dari Qualcomm Inc, dan perwakilan lainnya dari komunitas bisnis, strategis, dan akademis AS.

Xi mengakui bahwa ada masalah dengan ekonomi domestik, tetapi mengatakan para pejabat dapat mengatasinya, kata orang tersebut, menggambarkan pembicaraan itu terbuka dan jujur.

(bbn)

No more pages