Logo Bloomberg Technoz

Peningkatan Industri China Jadi Tanda Terbaru Pemulihan Ekonomi

News
31 March 2024 21:00

Ilustrasi manufaktur China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi manufaktur China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Aktivitas manufaktur China rebound pada Maret, menghentikan penurunan selama lima bulan dan menambah bukti bahwa sektor industri negara tersebut sedang membangun momentum untuk pemulihan ekonomi.

Indeks manajer pembelian manufaktur resmi meningkat menjadi 50,8, angka tertinggi dalam satu tahun terakhir, sebagai dorongan bagi para pembuat kebijakan yang berusaha memulihkan kepercayaan terhadap negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut. Hal ini menyusul produksi industri tercepat dalam dua tahun terakhir untuk Januari dan Februari, dan peningkatan ekspor untuk periode dua bulan.

"Sektor industri tampaknya tangguh, sebagian dibantu oleh ekspor yang kuat," kata Zhang Zhiwei, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management. "Jika pengeluaran fiskal meningkat dan ekspor tetap kuat, momentum ekonomi dapat membaik."

Angka-angka terbaru menunjukkan bahwa ruang mesin industri negara ini dapat menjadi pendorong untuk membantu pemerintah mencapai target pertumbuhan tahunan sekitar 5% tahun ini, bahkan ketika Beijing menghadapi berbagai tantangan lain, termasuk krisis pasar properti, merosotnya kepercayaan konsumen, dan ketegangan geopolitik.