Logo Bloomberg Technoz

Pada saat yang sama, ia mengatakan bahwa data-data tersebut mendukung pendekatan hati-hati the Fed terhadap penurunan suku bunga pertama, dan menambahkan bahwa para pembuat kebijakan masih mencari lebih banyak bukti bahwa inflasi sedang menuju ke target 2%.

Powell juga mengatakan bahwa akan tepat untuk memperlambat laju pelepasan neraca keuangan The Fed "segera", setelah para pembuat kebijakan mengadakan diskusi tentang portofolio aset mereka minggu ini.

"Keputusan untuk memperlambat laju limpasan tidak berarti neraca kami akan menyusut, tetapi memungkinkan kami untuk mendekati tingkat akhir secara lebih bertahap," katanya. "Secara khusus, memperlambat laju limpasan akan membantu memastikan transisi yang mulus, mengurangi kemungkinan pasar uang mengalami tekanan."

Indeks S&P 500 dari saham-saham AS naik, sementara imbal hasil Treasury dan indeks Bloomberg Dollar turun. Para trader meningkatkan probabilitas bahwa the Fed akan memulai penurunan suku bunga di Juni.

Pernyataan pascarapat the Fed hampir sama dengan pernyataan di Januari, mempertahankan panduan bahwa penurunan suku bunga tidak akan sesuai sampai para pejabat lebih yakin bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju target 2%.

Komite Pasar Terbuka Federal juga menegaskan kembali niatnya untuk terus mengurangi neraca keuangan sebanyak US$95 miliar per bulan. Beberapa pejabat, termasuk Presiden Fed Dallas Lorie Logan, telah menyerukan perlambatan laju pengurangan portofolio aset the Fed.

Setelah menaikkan suku bunga acuan federal fund lebih dari lima poin persentase mulai Maret 2022, para pejabat The Fed telah menekankan bahwa mereka tidak terburu-buru untuk menurunkan biaya pinjaman sampai mereka yakin inflasi terkendali.

Powell mengatakan angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan pada awal tahun tidak mengubah cerita yang lebih luas bahwa kenaikan harga melambat di "jalan yang terkadang bergelombang". Pada saat yang sama, data tersebut tidak menambah kepercayaan diri dan para pembuat kebijakan masih mencari kepastian yang lebih besar bahwa inflasi bergerak lebih dekat ke target 2% Fed.

"Ini akan menjadi perjalanan yang tidak mulus," kata Powell. "Kami telah secara konsisten mengatakannya. Sekarang kita mengalami guncangan."

"Itulah sebabnya kami mendekati pertanyaan ini dengan hati-hati," tambahnya.

Ekspektasi Pasar

Sementara para pembuat kebijakan melihat suku bunga federal fund mencapai 4,6% pada akhir 2024, menurut proyeksi suku bunga rata-rata mereka, ekspektasi individu terpecah. "Dot plot" The Fed menunjukkan 10 pejabat melihat tiga atau lebih pemangkasan seperempat poin tahun ini, sementara sembilan lainnya mengantisipasi dua atau kurang.

The Fed's March dot plot. (Dok: Bloomberg)

Para pejabat Fed telah menekankan bahwa proyeksi tersebut bukanlah rencana yang telah ditentukan sebelumnya, dan bahwa perkiraan individu dapat berubah berdasarkan data yang masuk untuk inflasi dan pasar tenaga kerja.

Ukuran utama harga konsumen telah meningkat lebih dari yang diperkirakan oleh para ekonom dalam dua bulan terakhir, sementara tingkat pengangguran AS telah naik tipis ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir yang masih dianggap rendah oleh para pejabat.

Para pembuat kebijakan juga sedikit menaikkan perkiraan mereka tentang tingkat suku bunga dalam jangka panjang, meningkatkan estimasi median menjadi 2,6% dari 2,5%, menyusul spekulasi dari para ekonom bahwa suku bunga yang lebih tinggi dapat bertahan di lingkungan pascapandemi. Perubahan ini mengimplikasikan bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama di masa depan.

Para pembuat kebijakan memperbarui proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2024, menaikkan proyeksi inflasi yang mendasari menjadi 2,6% dari 2,4%, dan meningkatkan proyeksi pertumbuhan menjadi 2,1% dari 1,4%. Mereka juga menurunkan proyeksi tingkat pengangguran sedikit, menjadi 4% dari 4,1%, untuk tahun 2024.

(bbn)

No more pages