Logo Bloomberg Technoz

"Untuk pasar yang sangat fokus pada kapan The Fed akan beralih ke penurunan suku bunga, laporan ini akan membantu mengembalikan kepercayaan bahwa yang terpenting bukanlah 'jika' The Fed mulai menurunkan suku bunga pada 2024, tetapi 'kapan'," kata Quincy Krosby di LPL Financial.

Perkiraan kebjakan suku bunga The Fed. (Sumber: Bloomberg)

Gubernur Federal Reserve Bank of San Francisco, Mary Daly, mengatakan pejabat bank sentral siap untuk menurunkan suku bunga sesuai kebutuhan. Akan tetapi dia menekankan bahwa tidak ada kebutuhan mendesak untuk menurunkannya mengingat kekuatan perekonomian saat ini. Rekannya dari Atlanta, Raphael Bostic, mengatakan bank sentral dapat mulai melakukan pemotongan suku bunga pada musim panas ini.

Obligasi Treasury sedikit lebih tinggi dalam perdagangan AS untuk sesi kedua, terbantu oleh data klaim pengangguran yang menunjukkan pelemahan pasar tenaga kerja. Pedagang juga menunjuk pada kemungkinan bahwa short covering merupakan penyebab kenaikan tersebut.

Indeks dolar sedikit berubah. Yen menguat dan mengakhiri perdagangan Kamis tepat di bawah level 150 per dolar. Bitcoin bertahan di atas US$61.000 karena minat baru terhadap cryptocurrency ini menyebar ke seluruh pasar. Sementara iShares Bitcoin Trust dari BlackRock Inc mencetak rekor arus masuk sebesar US$612 juta pada Rabu.

Di Asia, data yang akan dirilis pada Jumat termasuk tingkat pengangguran Jepang untuk Januari, IHK untuk Taiwan dan China, data inflasi untuk Indonesia dan Pakistan, dan penjualan ritel Hong Kong. Pasar tutup di Korea Selatan.

Kazuo Momma, mantan direktur eksekutif yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ), mengatakan bank sentral kemungkinan akan menunggu hingga April sebelum mengakhiri kebijakan suku bunga negatif terakhir di dunia.

Di China, penurunan penjualan rumah berlanjut pada Februari, bahkan ketika regulator meningkatkan upaya untuk menyelamatkan pasar properti yang terpuruk. Nilai penjualan rumah baru dari 100 perusahaan real estate terbesar turun 60% dari tahun sebelumnya.

West Texas Intermediate, harga minyak AS, turun sedikit. Energy Information Administration AS mengatakan permintaan minyak mencapai level tertinggi empat tahun pada 2023 dan kemungkinan akan bertahan di dekat level tersebut tahun ini. Di tempat lain, emas naik ke level tertinggi dalam tiga minggu menjadi sekitar US$2.044 per ounce.

(bbn)

No more pages