Logo Bloomberg Technoz

Meskipun sebagian besar ekonom memperkirakan pertumbuhan akan melambat tahun ini karena biaya pinjaman yang tinggi membatasi permintaan rumah tangga dan investasi bisnis, mereka masih mengantisipasi bahwa AS dapat menghindari penurunan.

Penjualan akhir yang disesuaikan dengan inflasi kepada pembeli domestik swasta, yang merupakan ukuran utama untuk permintaan dasar, meningkat lebih dari perkiraan awal.

"Ini semua menunjukkan pertumbuhan permintaan domestik yang lebih besar dari perkiraan sebelumnya, dan ekonomi yang secara umum lebih panas," kata James Knightley, kepala ekonom internasional di ING, dalam sebuah catatan.

Metrik inflasi pilihan The Fed - indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) - naik pada tingkat tahunan 1,8% di kuartal keempat. Tidak termasuk makanan dan energi, pengukur tersebut meningkat pada kecepatan 2,1%, menurut laporan Biro Analisis Ekonomi. Keduanya sedikit lebih tinggi daripada perkiraan awal.

Persediaan mengurangi 0,27 poin persentase dari PDB, dibandingkan dengan sedikit peningkatan pada perkiraan awal di kuartal keempat. Konsumsi pribadi menambahkan 2 poin. Pengeluaran direvisi naik karena lebih banyak pengeluaran untuk sektor jasa.

Laporan terpisah yang dirilis pada Rabu menunjukkan defisit perdagangan barang AS terbesar dalam enam bulan. Defisit pada Januari mencerminkan peningkatan impor.

(bbn)

No more pages