Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Bitcoin Berjangka Mulai Turun

News
31 January 2024 21:10

Industri kripto dengan Bitcoin jadi primadona. (Dok: Bloomberg)
Industri kripto dengan Bitcoin jadi primadona. (Dok: Bloomberg)

Sidhartha Shukla - Bloomberg News

Bloomberg, Permintaan untuk Bitcoin berjangka telah mereda setelah debut dana yang diperdagangkan di bursa AS yang secara langsung memegang aset digital terbesar. Ini indikasi awal tentang bagaimana produk tersebut dapat memengaruhi tren perdagangan kripto.

Data yang dikumpulkan Bloomberg menunjukkan, kontrak yang beredar--atau minat terbuka--untuk CME Group Bitcoin berjangka turun sekitar 24% menjadi 20.679 pada 30 Januari setelah 10 ETF spot mulai diperdagangkan tiga minggu lalu. Minat terbuka telah mencapai rekor setelah lonjakan Bitcoin sebesar 157% tahun lalu untuk mengantisipasi ETF.

Derivatif CME mendapatkan popularitas sebagian karena mereka menawarkan tempat yang diatur untuk eksposur Bitcoin, peran yang sekarang dapat diisi oleh ETF spot juga. Kontrak berjangka juga digunakan dalam permainan arbitrase utama yang melibatkan Grayscale Bitcoin Trust atau GBTC senilai $21 miliar, tetapi perdagangan itu telah berjalan dengan sendirinya, kata manajer aset kripto DACM.

Vetle Lunde, analis senior di K33 Research, mengatakan, investor yang beralih ke ETF AS, dan reli pendinginan Bitcoin, dapat menyebabkan beberapa "penurunan aktivitas" di CME Bitcoin berjangka, tetapi mereka tetap menjadi penopang yang sangat likuid di pasar kripto. Dia menandai peran potensial mereka sebagai alat lindung nilai bagi peserta resmi yang mengelola pembuatan dan penebusan unit ETF.

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)