Logo Bloomberg Technoz

Srikandi PLN Beri Bantuan Petani Wanita Jembrana 


Kantor Pusat PLN (Dok. PLN)
Kantor Pusat PLN (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT PLN (Persero) melalui gugus tugas Srikandi PLN yang berisi seluruh karyawati, membantu meningkatkan usaha Kelompok Wanita Tani (KWT) Buana Sari, Jembrana, Bali. Bantuan yang merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PLN Peduli tahun 2023 ini diberikan dalam bentuk mesin pembuat keripik buah berupa vacuum frying.

Bantuan ini diharapkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi keripik buah kelompok tani di Desa Yeh Sumbul, Mendoyo, Jembrana, Bali.

Ketua KWT Buana Sari, Ni Wayan Puryawati mengapresiasi Srikandi PLN atas pemberian mesin produksi keripik tersebut. Menurutnya, PLN telah mendukung program pemerintah yaitu hilirisasi bidang pertanian dengan menyerap hasil yang ada di desa.

“Kami mengambil hasil buah–buahan untuk dijadikan bahan keripik. Di samping itu kami juga memproduksi minyak tandusan dan kacang mete,” kata Puryawati dalam penyerahan bantuan mesin produksi di Desa Yeh Sumbul, Mendoyo, Jembrana, Bali Kamis (21/12).

Dia mengatakan, mesin vacuum frying ini dapat mengoptimalkan produksi keripik buah, yang mana sebelumnya, kelompok tani di Desa Yeh Sumbul setiap kali memperoleh hasil panen komoditas buah nangka harus dikirim ke Kota Malang untuk diproduksi menjadi keripik nangka dan dikirim kembali ke Desa untuk pemasaran, hal ini mengakibatkan biaya operasional sangat tinggi.