Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Panggil Daihatsu Indonesia Imbas Skandal Uji Keselamatan

Dovana Hasiana
29 December 2023 21:00

Daihatsu Ayla di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, JCC Senayan, Jumat (10/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Daihatsu Ayla di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, JCC Senayan, Jumat (10/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) bertemu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk meminta klarifikasi terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu. Pertemuan diadakan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan Tertib Niaga (Dirjen PKTN) Moga Simatupang mengatakan, PKTN berwenang melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha dan juga memastikan terpenuhinya kewajiban pelaku usaha terhadap keselamatan konsumen atas barang yang diperdagangkan di Indonesia. 

“Dalam hal ini, kendaraan bermotor yang dipasarkan berkaitan erat dengan keamanan, kenyamanan dan keselamatan konsumen,” ujar Moga kepada Bloomberg Technoz, Jumat (29/12/2023). 

Kementerian Perdagangan meminta ADM untuk lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen. Moga mengatakan, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha akan pentingnya keamanan dan keselamatan produk yang diperdagangkan sebagai bentuk perlindungan bagi konsumen.

Merespons hal tersebut, perwakilan ADM kata dia memastikan, semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan aspek keselamatan memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia. Bahkan, pengiriman domestik sudah dilakukan mulai tanggal 22 Desember.