Logo Bloomberg Technoz

Meskipun ada kenaikan minggu lalu, pengajuan tunjangan pengangguran untuk pertama kalinya masih berada di dekat titik terendah dalam sejarah, menambah bukti bahwa perusahaan-perusahaan enggan mengurangi jumlah karyawan di tengah permintaan yang stabil.

Data klaim hari Kamis mendahului laporan pekerjaan bulanan pemerintah pada akhir minggu depan. Para ekonom memperkirakan kenaikan 170.000 yang masih sehat pada gaji Desember, konsisten dengan permintaan tenaga kerja yang tangguh yang telah menjadi kunci dalam menggerakkan ekonomi.

Pertumbuhan lapangan kerja ini memperkuat beberapa perkiraan bahwa para pejabat Federal Reserve, setelah hampir dua tahun kenaikan suku bunga yang agresif, akan berhasil mencapai pendaratan yang lembut untuk ekonomi--di mana mereka berhasil menjinakkan inflasi sambil menghindari lonjakan pengangguran.

Sejauh ini, pasar tenaga kerja telah terbukti tahan lama, sementara inflasi perlahan-lahan semakin mendekati target 2% bank sentral.

Pada basis yang tidak disesuaikan, klaim awal meningkat 31.570 menjadi 272.610. California, Missouri, dan New Jersey memimpin kenaikan, sementara klaim turun paling banyak di Texas. Angka-angka untuk California dan Texas adalah perkiraan.

(bbn)

No more pages