Logo Bloomberg Technoz

Insiden KA Probowangi Tewaskan 11 Orang, KAI Ingatkan UU Lalin

Angga Indrawan
20 November 2023 16:35

Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)
Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT KAI menyampaikan belasungkawa atas korban kecelakaan kereta api (KA) Probowangi di perlintasan tanpa palang pintu di Lumajang, Minggu (19/11/2023) malam. Kecelakaan antara KA dengan Elf tersebut telah menewaskan 11 orang.

KAI mengaku prihatin dengan kejadian tersebut, seraya mengingatkan semua masyarakat mengenai aturan lalu lintas, khususnya kekhususan perjalanan kereta api.

"Prihatin dan menyesalkan kejadian tersebut, serta menyampaikan ucapan turut belasungkawa kepada para keluarga korban," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangannya, Senin (20/11/2023).

Semua korban meninggal dunia merupakan penumpang di dalam mobil elf tersebut. Sementara itu, seluruh penumpang KA 266 Probowangi dalam kondisi selamat. KAI meminta seluruh pihak lebih peduli dan memberikan perhatian untuk meningkatkan sistem keselamatan di perlintasan sebidang.

"Kereta api memiliki jalur tersendiri dan tidak dapat berhenti secara tiba-tiba, sehingga pengguna jalan harus mendahulukan perjalanan KA," bunyi pernyataan dalam rilis PT KAI tersebut.