Logo Bloomberg Technoz

Beda dengan Indonesia, Filipina Ingin TikTok Terlibat Bantu UKM

News
18 November 2023 13:00

Pembawa siaranberjualan melalui aplikasi live shopping di Tanah Abang, Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pembawa siaranberjualan melalui aplikasi live shopping di Tanah Abang, Jakarta, Selasa (12/9/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Cecilia Yap—Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr meminta TikTok Inc untuk membantu pelaku UKM di negaranya untuk mempromosikan produk mereka kepada jutaan pengguna platform media sosial tersebut. 

Marcos ingin aplikasi TikTok melatih penjual lokal, terutama yang berada di daerah pedesaan, untuk memasarkan produk mereka. Kantor penerangan Marcos mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah ia bertemu dengan Chief Executive Officer TikTok Chew Zi Shou di San Francisco. 

“Kami memiliki banyak hal seperti ini di Vietnam, banyak hal seperti ini di Indonesia, seperti ini di Malaysia," kata Chew dalam pernyataan tersebut. “Berikan platform untuk menjualnya di seluruh negeri dan mengekspor ke seluruh dunia. Itulah rencananya.”

TikTok dimiliki ByteDance Ltd, perusahaan yang berbasis di Beijing. Bulan April tahun 2022 mereka memulai platform belanja TikTok Shop, yang telah muncul sebagai ancaman bagi para pemain e-commerce seperti Lazada yang didukung oleh Alibaba Group Holding Ltd dan Shopee yang didukung oleh Sea Ltd.