Logo Bloomberg Technoz

Mengenal 3 Ilmuwan Pemenang Nobel Fisika 2023

Septiana Ledysia
04 October 2023 13:55

Pemenang Nobel Prize bidang Fisika. (Sumber: media sosial Twitter/X @NobelPrize)
Pemenang Nobel Prize bidang Fisika. (Sumber: media sosial Twitter/X @NobelPrize)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pierre Agostini, Ferenc Krausz, dan Anne L’Huillier berhasil meraih Nobel dalam bidang fisika 2023. Mereka berhasil menang setelah membuat alat baru untuk menjelajahi dunia elektron di dalam atom dan molekul.

Menurut Royal Swedish Academy of Sciences di Stockholm dalam pernyataannya pada hari Selasa, ketiga ilmuwan akan berbagi hadiah senilai 11 juta krona atau setara Rp15 miliar.

Pierre Agostino sendiri merupakan ahli fisika berasal dari Amerika Serikat. Ia juga seorang profesor di Ohio State University. 

Pierre lahir di Tunis, Prancis pada 23 Juli 1941. Dia merupakan alumni Aix-Marseille University untuk tiga gelar yaitu BEd, DEA dan PHD. Selain memenangkan Nobel bidang fisika 2023, Pierre juga telah memenangkan Gay-Lussac-Humboldt Prize [2003] dan William F. Meggers Award [2007].

Sedangkan Ferenc Krausz merupakan ahli fisika asal Hungaria-Austria yang bekerja dalam ilmu ottosecond. Pria kelahiran tahun 1962 ini juga seorang direktur di Institut Max Planck Quantum Optics dan seorang profesor fisika di Universitas Ludwig Maximilian di Munich, Jerman.