Logo Bloomberg Technoz


Jadi laggard dan diborong asing

Kemarin, sentimen ransomware cukup kuat menghantam saham BRIS setelah geng peretas LockBit mengklaim membocorkan data nasabah. Bukan hanya ARB, kuatnya tekanan juga membuat BRIS masuk jajaran saham pemberat (laggard) IHSG. BRIS mengurangi bobot indeks 1,38 poin.

Meski begitu, investor asing sepertinya memandang berbeda dengan kondisi BRIS. Mereka justru memborong saham BRIS. Kemarin, net buy investor asing atas saham BRIS sebesar Rp14,27 miliar di seluruh pasar. Jika diakumulasi, net buy selama sepekan perdagangan mencapai Rp95,17 miliar.


Perintah OJK

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Dian Ediana Rae menyebut pihaknya masih melakukan pemeriksaan forensik terhadap kasus kebocoran data Bank Syariah Indonesia (BSI), yang diduga kuat berasal dari grup ransomware LockBit 3.0.

“Belum bisa kita simpulkan apakah data yg keluar ini merupakan data valid BSI,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Rabu (17/5/2023).

Dian menambahkan dalam konteks keamanan siber pada dasarnya OJK meminta bank untuk melakukan empat hal, diantaranya;  cyber risk assessment, mitigation, cyber risk exercise, dan melaporkan setiap insiden report yang terjadi.

Menurut dia, perlu adanya penekanan pada  aspek keamanan dan segala langkah mitigasi risiko siber yang secara prinsip mengacu pada best practice di dunia. Secara umum, mitigas tersebut, lanjut Dian, telah dilakukan perbankan.

Sebagai bukti, bank telah mampu mengidentifikasi dan menangkal ratusan ribu per hari anomali traffic dan anomali transaksi, termasuk upaya percobaan hacking sistem perbankan.

“Ketahanan digital Indonesia secara menyeluruh sudah bagus. Perlu upaya terus-menerus untuk meningkatkan keamanan seluruh sistem IT perbankan Indonesia,” cerita Dian.

“Kasus pembobolan seperti ini cukup sering juga terjadi  di bank-bank di berbagai negara termasuk negara maju sekalipun,” Dian menyampaikan. Dalam kasus dugaan serangan ransomware yang berujung pada kebocoran data, OJK dan Bank Syariah Indonesia akan melakukan review menyeluruh untuk menghindari kejadian serupa. 

(dhf/dba)

No more pages